Sri Sugiastuti

Berjuang Menggapai Ridho ALLAH di Dunia & Akhirat


Tinggalkan komentar

Petty Elliott Chef Seleb di Alila Solo

Petty Elliott Chef Seleb di Alila Solo

 Bermula dari undangan mba Tesa yang sudah lama kami tunggu. Beliau sebagai Event Marketing Executive Alila Solo memberi kesempatan pada saya dan teman-taman mengetahui lebih banyak tentang event yang mau digelar Alila dalam waktu dekat.

Entah kesibukan sang chef seleb. Ibu Petty Elliott atau padatnya  kegiatan mba Tesa  dan kawan-kawan, hmm saya jadi merasa waktunya mepet banget.Any way saya bersyukur bisa ngobrol bareng sama chef hebat seperti Ibu Petty yang punya banyak pengalaman di dunia kuliner nasional maupun internasional.

Jadi ringkasnya nih Alila Solo kemaren tanggal 1 November genap 1 tahun. Nah Alila mau bikin event keren bersama chef Petty Elliott dan chef lain yang ada di Alila. Alila  mengusung tema “ Taste of Sulawesi” Citarasa kuliner besama celebrity chef Petty Elliot. Jumat, 4 November 2016.

Wah saya seneng dong dapat info tentang event ini. Apalagi bisa ngobrol bareng dengan chef Petty terus nanya tentang karirnya, kegiatannya dan awal mulanya koq bisa jadi chef hebat seperti saat ini. Katanya semua berawal by accident. Engga juga sih yang  jelas menurt saya karena izin Allah. Beliau punya talenta, kesempatan ada, suami mendukung jadilah dia seperti sekarang ini.

Dalam sesi perkenalan chef Petty yang humble dan cepat familiar itu mengaku berasal dari Manando lama tinggal di Inggris karena dia menikah dengan pria Inggris. Karena hidup jauh dari tanah air dia sering  rindu masakan dari daerahnya. Secara ngga langsung lewt cooking classnya dia selalu memperkenalakan masakan nusantra yang dia banggakan. Dan akhir dia ikutan juga dalam kompetisi BBC Master Chef  di Inggris. Memang sih dia hanya meraih juara 4. Tapi baginya itu sesuatu anugrah yang terindah, ada kepuasan dan kebanggan dalam dirinya ketika itu.

Sayangnya di saat dia sedang asyik dengan dunianya malah diajak pindah ke Jakarta.Tapi ini lah yang membuka jalannya ketika dia mendapat tawaran menjadi food writer makanya sampai saat ini sudah terbit 3 buku nya yang berkisah tentang makanan tentunya. Semua dalam bahasa Inggris. Karena ketekunannya dia bisa jadi chef seleb diundang kesana kemari baik ke luar negeri atau ke hotel berkelas yang ada di Indonesia.

Bagimana dia berproses menjadi chef yang tangguh? Dia bertutur untuk menemukan resep masakan khas dari Nusantara dia rela menggali dari sumbernya langsung bertemu dengan penduduk yang ada di daerah yang dia kunjungi. Misalnya unuk mengetahui resep asli dari mie aceh yang dia tanya langsung berguru dari sumbernya.

Intinya dia cinta banget dengan masakan nusantara yang kemudian di modifikasi dengan berbagai inovasi yang dia miliki sehingga masakan Indonesia bisa sejajar dengan masakan yang go Internasional. Ngga heran kalau dia sering dapat tugas ke Amerika, Brasil atau negara lain yang ingin merasakan kuliner Indonesia.

 Nah kalau anda salah satu penikmat masakan nusantara dan ingin bersensasi dengan “Taste Of Sulawesi “sepertinya besok Jumat tanggal 4 November saat yang tepat buat datang ke Alila tempatnya di EPICE restaurant Alila Solo. Hanya dengan IDR 290.000 anda bisa menikmati 5 course set menu.Yang mau revervasi bisa email ke solo@alilahotels.com atau menghubungi langsung +622716770888.

Hmm, sebagai bonus dari ngobrol bareng sama chef Petty saya punya kesempatan melihat dari dekat dan menikmati sesaat kenyamanan dari Alila Solo yang Wow.. Yang tadinya pabrik jamu disulap jadi hotel mewah yang luar biasa ngga kalah dengan hotel-hotel berkelas internasional dan konsep dekornya sungguh keren ada gunungan disana.

Berharap suatu saat bisa ngulik ebih asyik lagi di Alila Solo. Mau tunjukkan pada dunia bahwa di Solo ada hotel yang tingginya 30 lantai dirancang megah dan mewah. Penuh kenyamanan dan keramahan.

Iklan


Tinggalkan komentar >

Sri Sugiastuti

Rencana ngebolang bersama si ayah dan anak lanang memang sudah diencana. Targetnya Banyuwangi dan Bali. Ngebolang ala backpacker gitu. Yang harus disiapkan jauh hari perak perniknya dari mulai tiket, akomodasi temapt yang mau dituju, termasuk juga perbekalan.

Kami menyusur dari selatan dulu dan pulangnya baru lewat Bali Barat. Nah di Bali Barat lah ada satu target yang mau dilihat dan diekplore. Sunggu kami penasaran banget dengan hutan bakau yang kami lihat dari atas ferry yang sedang menyebrang ke Bali.

Setelah menyusuri Bali Selatan, tanah Lot, pantai Sanur, Bedugul , lanjut ke Pantai Lovina. Akhirnya sampai juga ke Bali Barat. Apa sih yang dilihat disana? Hutan lindung dan segerobolan banteng dan sapi Bali yang ada di sekitar.. situ.. Memandang selat Bali yang tenang seakan mengundang kami untuk menyusurinya.

Kami menyewa perahu tempel plus pelampung dan  1 orang pemandu. Menyusuri selat Bali yang tenang hutan bakau yang subur, air laut yang tenang…

Lihat pos aslinya 78 kata lagi


1 Komentar >

Rencana ngebolang bersama si ayah dan anak lanang memang sudah diencana. Targetnya Banyuwangi dan Bali. Ngebolang ala backpacker gitu. Yang harus disiapkan jauh hari perak perniknya dari mulai tiket, akomodasi temapt yang mau dituju, termasuk juga perbekalan.

Kami menyusur dari selatan dulu dan pulangnya baru lewat Bali Barat. Nah di Bali Barat lah ada satu target yang mau dilihat dan diekplore. Sunggu kami penasaran banget dengan hutan bakau yang kami lihat dari atas ferry yang sedang menyebrang ke Bali.

Setelah menyusuri Bali Selatan, tanah Lot, pantai Sanur, Bedugul , lanjut ke Pantai Lovina. Akhirnya sampai juga ke Bali Barat. Apa sih yang dilihat disana? Hutan lindung dan segerobolan banteng dan sapi Bali yang ada di sekitar.. situ.. Memandang selat Bali yang tenang seakan mengundang kami untuk menyusurinya.

Kami menyewa perahu tempel plus pelampung dan  1 orang pemandu. Menyusuri selat Bali yang tenang hutan bakau yang subur, air laut yang tenang dan jernih, menghirup udara sore yang segar dengan angin laut yang semilir. Dengarkan juga berbagai info tentang hutan konservasi yang selau dijaga kelestariannya.

Berada di selat Bali sambil melihat Ferry yang lalu lalang yang  menyeberangi selat Bali. Membuat kami jadi bangga menjadi orang Indonesia yang kaya raya. Kami niat lai dan lagi ngebolang ke tempat-tempat cantik lainnya yang ada di Indonesia. Semoga Allah beri kesempatan dan juga rezeki agar rencana ngebolang ke tempat cantk di Indonesia bisa terkabul


6 Komentar

7 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Wisata ke Pantai

dscn0802

Bebas lepas merdeka Alhamdulillah

Siapa yang ngga suka refreshing dan menghirup udara segar dari pantai?  Pasti ada sesuatu nih? Entah phobi air, ombak besar atau takut mabuk laut? Alhamdulillah kalau kami sekeluarga yang tinggal jauh dari pantai sangat menykaui refreshing ke pantai

Sebenarnya ngga ada yang perlu dikhawatirkan loh..? Apalagi hanya karena panas at kulit takut gosong. Asal mengikuti tip berikut piknik ke pantai jadi hepi hepi aja tuh.

Emang kalau mo piknik ke pantai yang harus disiapin apa saja ya? Yuk saya kasih tipnya. Ini yang disiapkan mas Hubby ketika piknik ke pantai.

Baca lebih lanjut


19 Komentar

Klinong-Klinong Ke Pasar Gawok Sukoharjo

 

Dear friends,

Saya lagi iseng nih dan nemu foto-foto hasil jepretan saya waktu ikut mas Hubby klinong-klinong ke pasar Gawok Sukoharjo. Sayang kalau ngga berbagi di blog atau paling tidak suatu saat cucu saya bisa mengenang kegiatan Uti sama Akungnya ketika menikmati waktu senggang sambil klinong klinong ke pasar Gawok.

Kenapa saya bisa berada di pasar Gawok? Penasaran aja. Ternyata pasar tradisional ini buat mas Hubby penuh kenangan. Maklum masa kecil  beliau dulu tinggal di Sukoharjo. Sedangkan saya  dibesarkan di Jakarta. Konon  pasar Gawok termasuk pasar tradisional yang sampai saat ini masih kental dengan suasana jadulnya.

Pasar Gawok terletak di sebelah tenggara kota Solo.Tepatnya di desa Geneng,kecamatan Gatak kabupaten Sukoharjo. Jangan kaget ya.. pasar Gawok hanya ramai pada hari pasaran Pon. Dulu  sih pada zaman Belanda pasar ini buka tiapa hari. Entah mengapa justru setelah merdeka ini pasar hanya ramai di hari pasaran Pon. Tahu kan Pon bagian dari nama pasaran yang ada di Jawa. Kliwon, Wage, Pon, Pahing dan Legi.Pasar Gawok sama lah dengan pasar tradisional lain, yang menyediakan  berbagai barang dagangan yang komplet plet untuk kebutuhan rumah tangga.

Areal pasar Gawok menurut saya cukup luas, suasana di hari pasaran Pon ngga bisa saya ceritakan dengan detail karena aromanya nano-nano, ada bau asap rokok Tingwe (ngelinting dewe ) dengan tembakau yang mereka miliki. Suara pande besi yang menempa pisau pacul dan aritbergema, Lalu suara penjual pakaian dan sepatu dengan pengeras suara juga mewarnai kehidupan pasar Gawok di hari pasaran Pon.

Tapi yang saya minati di pasar Gawok kali ini adalah unggas dan Kambing. Makanya yang saya abadikan foto kambing dan unggas. Saya sangat terpesona dengan kambing hitam yang tertumpah cairan cat putih dari Allah. Subhanallah siapa coba yang bisa mewarnai Kambing seperti ini ?

Ini Kambing warnanya mempesona

Ini Kambing warnanya mempesona pasti pemiliknya bangga ya

Hmmm, saat mas Hubby sedang hunting bibit tanaman, sementara saya asyik memperhatikan kesibukan pedagang ternak yang menawarkan hewan ternaknya. Kambing ini biasanya banyak dicari oleh orang yang ingin mengadakan peringatan 1000 kerabat atau keluarganya yang meninggal, atau bisa juga untuk Aqiqah. Sedangkan penjual membawa hewan ternaknya untuk dijual sebagai mata pencaharian atau ada kebutuhan mendadak yang harus dipenuhi terpaksa menjual hewan peliharaannya dan kemungkinan akan ditukar dengan yang lebih kecil untuk dipelihara lagi.

 

Suasana pasar hewan Gawok, Sukoharjo

Suasana pasar hewan Gawok, Sukoharjo, dipilih, dipilih

Beginilah suasana pasar Gawok, banyak terjadi transaksi jual beli disana. Seakan pasar ini jadi sarana bagi hamba Allah untuk mengais rezeki. Kita tinggal memilih mana yang kita butuhkan sesuai dengan keuangan yang ada. Biasanya hari pasaran pasar Gawok selalu dinanti oleh orang yang ingin bertransaksi

 

Mentok yang sehat dan gemuk diperjual belikan di pasar hewan Gawok

Mentok yang sehat dan gemuk diperjual belikan di pasar hewan Gawok

Nah, begitu juga dengan unggas seperti mentok dan bebek. Ada juga sih ayam. Tapi sekali lagi saat itu saya lagi suka yang ada di bagian hewan ini. Mentok yang  terlihat gemuk dan sehat siap dikonsumsi dagingny taua boleh juga dipelihara lagi diambil telurnya’ Daging mentok enak loh dimasak opor atau dimasak rica-rica. Oya sedikit info biasanya pemilk methok menjual hewannya secara borongonan . Mungkin 10 ekor atau lebih tergantung usianya dan angkatannya.

 

Yang mau ternak bebek juga tersedia di pasar Gawok

Yang mau ternak bebek juga tersedia di pasar Gawok

Ini bebek-bebek yang mau berpindah majikan ya. Sepertinya bebek-bebek ini sudah siap bertelur dan harganya juga  mahal. Pembeli tidak perlu menunggu lama, bebek-bebek ini akan bertelur dalam beberapa hari lagi. Kalau bebek ini pejantan biasanya untuk konsumsi rumah makan bebek penyet dan bebek masak lainnya.

 

Meri alias anak bebek jadi salah satu dagangan yang dicari peternak..

Meri alias anak bebek jadi salah satu dagangan yang dicari peternak..

Entah bagaimana membawanya unggas yang akan dijual ini sudah berjajar rapih di tengah pasar ini Hmm biasanya mereka memakai bronjong (keranjang besar yang terbuat dari bambu yang mereka letakkan di bagian belakang sepeda onthel, ataupun sepeda motor mereka)

Meri, alias anak bebek ini juga segera akan berpindah rumah. Banyak peternak yang membutuhkan bibit bebek yang masih meri untuk dibesarkan. Mengamati peminat bebek goreng semakin banyak. Maka orang yang tergerak untuk ternak bebekk pun semakin banyak. Tapi saya tidak melihat rumah makan bebek goreng di sekitar situ.

Sebelum meninggalkan pasar Gawok rasanya ngga afdol buat mas Hubby kalau tidak mapir dulu ke warung yang ada di pasar Gawok. Saya memilih  soto sapi dengan teh anget krampul sedangkan mas Hubby nasi pecel belut goreng dan segelas air jeruk hangat

Tak terasa hari sudah siang mas Hubby meras puas mendapat bibit terong dan cabe yang rencananya mau ditanam di kebun sebelah rumah. Kami nenuju parkiran dan pulang menyusuri sawah dengan pemandangan yang adem di mata.   Hati juga bersyukur bisa menikmati suasana pedesaan yang kental dengan keikhlasan hidup.

Janji lain waktu mau ngulik lagi ke pasar Gawok dengan melihat sisi lain yang berbeda. Terima kasih ya Allah, Kau beri kesempatan hambaMu untuk selalu bersyukur dengan segala karuniaMU.

 

 

 


19 Komentar

Berburu Sea Food di Pantai Depok

Hi, tau dong kalau Jogyakarta itu sekarang punya banyak pantai yang bisa dijadikan obyek wisata. Beberapa waktu yang lalu Uti sama Akung sampai juga klinong klinong ke pantai Depok.

Uti sama Akung menikmati suasana tenang sambil memandang ke laut yang luas. Bersyukur bisa sampai di pantai Depok dengan kendaraan roda dua. Dari Solo kami berangkat sore hari bermalam di Jogya di rumah adik sepupu Uti. Pagi hari baru melanjutkan perjlanan ke pantai Depok. letak pantai Depok ada di sebelah kanan pantai Parangtritis. Pantai ini di hari biasa sangat sepi pengunjung

027

Pantai Depok di pagi hari sebagian nelayan menunggu kapal datang

Apa sih istimewanya pantai Depok dengan pantai yang lain? Kalu menurut Uti pantai ini dikhususkan untuk pelelangan ikan. Dengan mengunjungi pantai ini di hari biasa suasana sepi, tenang damai dan kedekatan uti dengan Allah sang Pencipta semakin terasa.

Ketika angin laut semilir, matahari bersinar cerah dan pandangan mata bebas lepas ke arah laut yang terhampar luas, lalu membayangkan kehidupan di bawah laut dengan aneka macam makhluk hidup yang ada di bawah laut, saya syukur dan keimanan Uti semakin bertambah

012

Menyatu dengan alam itu memberi energi positif untuk jiwa Uti yang sudah menua

Nah, sekarang kita bayangin deh betapa susahnya menarik kapal yang baru datang dari melaut untuk sampai ke tepi pantai dan menjual hasil tangkapannya di laut. Ternyata semau itu perlu tenaga motor dan juga tenaga manusia agar perahu bisa merapat di dermaga alami. Menarik perahu tempel nelayan dari tepi pantai yang berpasir itu perlu semangat dan tenanga yang luar biasa. Mereka berteriak, tua bangka.. eh salah ding… tu dua tiga…. yo… yo…

Iyes, akhirnya perahu itu merapat di tepi pantai. Uti sama Akung penasaran ikut berlalri seperti orang -orang yang ada di sekitar pantai untuk melihat hasil tangkapan para nelayan pagi hari ini. Uti sempat bertanya kepada nelayan yang terlihat lelah, karena mereka melaut malam  hari, sedang hasil tangkapan mereka juga tidak terlalu banyak.

022

Senangnya para nelayan setelah berhasil menarik perahu mereka ke daratan yang harus dilakuan secara bersama-sama.

Nelayan itu menjual hasil tangkapannya dengan mengelompokkan jenisnya, ada tengiri, tuna, kakap, salmon, bawal, barakuda dan teman, temannya.  Nah pembeli tinggal memilih mana yang disukai.Wah si Akung kalap hampir semua jenis ikan di beli.. Ngga terasa uang empat ratus ribu keluar dari kocek Akung. Akung sudah didekati oleh juru masak pemilik rumah makan yang ada di sekitar pantai itu.

Si ibu pemilik rumah makan itu menjual jasa mengolah hasil laut yang kita beli untuk dimasak sesuai dengan selera kita. Tinggal pilih saja menunya. Ia juga menyediakan es kelapa muda, dan minuman lain. Sedang teman makan sea food  dari mulai nasi, lalapan dan aneka sambel sudah tersedia.

Ia mematok harga 8 ribu rupiah perkilo untuk menyulap sea food mentah jadi makanan yang siap saji. Oke deal. Lumayan praktis. Uti sama Akung sepakat, sebagian besar digoreng saja jadi bawanya ngga ribet. Untuk oleh-oleh juga praktis.

Saatnya menikmati hasil tangkapan nelayan yang sudah terhidang. Uti memilih rajungan, Akung ikan salmon, dan kakap laut dengan menu asam  manis, saus padang dan di goreng plus lalapan dan sambel kecap. Yummy.

 

028

Hasil tangkapan nelayan yang sudah dieksekusi di dapur rumah makan pantai Depok

Ngga terasa separuh waktu yang ada siang ini kami habiskan di pantai Depok. Hati senang perut kenyang dan terasa fresh kembali. Hmm tinggal mikir bagaimana membawa ikan goreng yang cukup banyak ini sampai ke jogya dan Solo.

Uti langsung packing jadi beberapa bungkus sesuai dengan yang mau Uti kasih. Jadi tinggal mendistribusikannya . plek-plek. Selesai.

Ya, itu lah secuil kisah Uti dan Akung ketika klinong klinong ke pantai Depok. Salut dengan kabupaten Bantul yang terus bebenah dan membuka tempat wisata baru dan terus bergeliat memajukan kabupatennya terutama di bidang wisata dan kuliner.

.


21 Komentar

Wisata Air di Umbul Ponggok & Tips Aman Selama Menikmatinya

 

Hi… ! Kali ini  Uti mau bikin penasaran buat pembaca yang belum pernah menikmati wisata air di umbul Ponggok. Uti meyakini bahwa wisata air ini jadi andalan banyak orang yang punya hobi berenang dan menyelam. Wisata ini juga bisa jadi pilihan sekaligus jadi salah satu tempat refreshing yang murah meriah dan menyehatkan. Pastinya kebayang dong seperti apa kira-kira tempatnya. Kalau sudah ada yang pernah kesana berharapnya tulisan ini bisa jadi mengingat nostalgia terindahmu di obyek wisata air ini, atau mungkin ingin mengenangnya kembali.

dscn1940

Suasana pagi hari di umbul Ponggok Klaten

Mau cerita dari awal dulu ya. Akung sama Uti berencana dari Solo ke Jogya  boncengan naik ngeng-ngeng roda dua. Modus banget Solo Jogya melewati Klaten arah barat, melesat sampai obyek wisata Umbul Ponggok. Kenapa bisa begitu jegleg banget dan buang waktu. Tidak lah yauwwh. Ini obat penasaran Akung dan Uti setelah 30 tahun tidak pernah mengunjungi Umbul Ponggok. Apalagi setelah direnovasi dan dikelola secara professional oleh Pemda Klaten.

Uti seakan ngga percaya. Ternyata yang Uti lihat di  situs internet benar adanya. Wisata air umbul Ponggok sangat ruar biasa. Ada wahana untuk yang hobi snorkeling dan juga diving. Umbul Ponggok ini kedalamannya  kurang lebih 2-2,5 meter. Ini  sangat ideal buat berenang dan menyelam. Kalau untuk pemula ngga perlu khawatir ada pelampung sebagai alat bantu. Karena airnya yang jernih, segar  dan dingin pastinya asyik banget berlama-lama di umbul itu. Dengan menyelam kita bisa  melihat dasar umbul yang dipenuhi bebatuan lumut dan ikan sangat jelas.

dscn1941

Kayaknya sudah ngga sabar nih ingin segera nyemplung

 Wuihhh ternyata banyak ikan hias air tawar yang cantik dan gagah yang menemani kita saat berenang atau sekedar bermain air di pinggir umbul. Mereka sangat bersahabat loh dan seneng selfie juga kata para penyelam yang sudah merasakan sensasi berenang dan menyelam di umbul Ponggok.

Umbul Ponggok yang berada di desa Ponggok, kecamatan Polandia eh Polanharjo Klaten Jawa Tengah ini sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Jadi waktu zaman kita dijajah Belanda pun, umbul ini sudah difungsikan untuk pengairan perkebunan dan pertanian. Klaten dan Delanggu yang letaknya di bawah kaki gunung Merapi dan Merbabu ini memang terkenal subur makmur.

Untuk bisa sampai ke lokasi wisata air umbul Ponggok kita bisa menggunakan kendaraan pribadi, sepeda motor, andong, atau carter mobil. Tapi karena minimnya petunjuk arah untuk menuju lokasi, maka bagi yang belum pernah datang ke umbul Ponggok maka harus rajin bertanya atau gunakan GPS dan google maps biar tidak tersesak terlalu jauh karena jalannya yang keluar masuk desa dengan pemandangan sawah yang menghijau. Kita bisa dari arah Boyolali, Delanggu, atau Jogya

dscn1944

Selfie di pinggir umbul Ponggok karena niatnya survey biar ngga penasaran

Untuk bisa sampai ke lokasi wisata air umbul Ponggok kita bisa menggunakan kendaraan pribadi, sepeda motor, andong, atau carter mobil. Tapi karena minimnya petunjuk arah untuk menuju lokasi, maka bagi yang belum pernah datang ke umbul Ponggok maka harus rajin bertanya atau gunakan GPS dan google maps biar tidak tersesak terlalu jauh karena jalannya yang keluar masuk desa dengan pemandangan sawah yang menghijau. Kita bisa dari arah Boyolali, Delanggu, atau Jogya.

Harga tiket masuk ke umbul Ponggok waktu itu hanya 8000 rupiah di hari biasa, 10.000 di hari minggu dan libur, parkir sepeda motor 2000 rupiah, parkir mobil 4000 rupiah. Mungkin sekarang sudah beda lagi tarifnya. Nah kalau untuk kulinernya, ada banyak warung makan yang menyediakan menu masakan jawa ada soto, pecel, kare, oseng oseng dengan lauk yang cukup beragam, tahu ,tempe, telor asin, ayam goreng, lele, nila dan teman temannya deh. Harganya juga dijamin terjangkau.

dscn1939

waktu yang paling tepat ke umbul Ponggok ya pagi hari

Sebenarnya umbul Ponggok itu seperti apa sih? Pengen tau dong. Detailnya tuh umbul ini pada bagian dasar umbul didominasi pada bagian dasar umbul didominasi oleh bebatuan, lumut, dan pasir layaknya seperti dasar laut tapi airnya tawar. Di umbul Ponggok hidup berbagai jenis ikan hias air tawar yang cukup banyak. Ikan-ikan ini sangat bersahabat loh mereka bisa action juga kalau mau difoto. Jangan dikira karena banyak ikan di dalam umbul tersebut lalu airnya jadi amis layaknya di kolam ikan. Air di umbul itu justru dingin, jernih dan menyehatkan, karena air terus keluar dengan deras dari sumber mata air dan mengalir ke sungai yang ada di sekitar umbul. Jadi sudah pastinya airnya fresh terus dan selalu berganti.

Semakin penasaran ya? Udah buruan aja di jadwalkan kapan mau berkunjung ke umbul Ponggok. Fasilitas yang disediakan untuk snorkeling dan menyelam juga sudah disediakan, kolam kecil untuk anak anak juga ada, kamar mandi, mushola, warung makan yang ada di dalam komplek umbul lumayan lengkap. Mau berselfie ria di dalam air bersama ikan ikan juga siap. Pokoknya bermodal niat, sehat, sempat jugm kocek yang ngga terlalu mahal akan terwujid wisata indah dan berkesan ini.

Biar tambah afdol tulisan ini boleh dong Uti tambahkan beberapa tips ketika menikmati wisata air di umbul Ponggok.

  1. Bawa baju ganti.

Lah iya lah. Mau main air, mau berenang dan berselfie di dalam air perlengkapan baju dan lain-lainnya harus disiapkan. Walau disana disediakan juga sih kalau mau beli mendadak. Tapi kan sayang kalau harus keluar uang lagi hanya untuk membeli baju ganti. Tapi kalau mau selfie aja dan memakai baju yang disewakan sama pengelola bisa juga sih tentunya ada biaya tambahan untuk itu.

  1. Fisik yang sehat.

Ini jadi syarat mutlak buat orang yang suka dengan wisata air yang langsung inginnya terjun langsung berenang dan suka berlama-lama di dalam air. Kalau kondisi fisik tidak prima. Ujung-ujungnya bukan fresh malah keok atau tepar. Karena umbul ini cukup dalam jadi harus bisa bereng. Kalau belum bisa ada pelampung juga pendamping kalau memang punya keinginan foto di dalam air.

  1. Warming Up/Pemanasan

Berenang atau sekedar bermain air di umbul yang airnya dingin itu perlu pemanasan. Suhu badan yang tadinya panas bila tiba-tiba langsung nyemplung ke umbul bisa menyebabkan kram.  Kram itu musuh kita di dalam air. Kalau tidak bisa mengatasi akan fatal akibatnya. Maka perlu warning up untuk menghindarinya.

  1. Jangan malu minta pertolongan.

Kadang tanpa kita sadari sering ya merasa PD banget ketika berada di dalam air. Padahal berenang dan menyelam itu perlu keahlian. Jangan samapai karena kepedean dan mau selfie malu minta tolong padahal ngga kuat nahan nafas dan hampir kemasukan air hidungnya.

  1. Tetap waspada

Ketika kita memutuskan untuk berenang dan menyelam di umbul yang cukup dalam. Keselamatan diri kita dan orang lain harus dijaga. Ini harus jadi pertimbangan utama. Walaupun jago renang dan menyelam jangan sekali kali menyepelekan keselamatan. Kita yang bisa mengukur kemampuan kita untuk tetap waspada.

dscn1945

Sebelum lanjut ke Jogya, selfie dulu ya sama mas Hubby

Uti sudah kasih tips ya. Sekarang Uti mau lanjutkan perjalanan ke Jogya nih dengan membawa rencana suatu hari mau ke umbul Ponggok  mengajak anak cucu. Tadi Uti cuma mampir sejenak dan survey kecil kecilan di sekitar umbul Ponggok.

Memori Uti akhirnya membandingkan suasana umbul Ponggok 30 tahun lalu dengan riuh ramainya antara ibu-ibu yang mencuci baju di umbul berbaur dengan anak-anak yang berenang riang gembira

Sekarang umbul Ponggok sudah dikelola dengan baik bisa untuk tandingan snorkeling air tawar ala snorkeling Bunaken.