Sri Sugiastuti gurujalanjalan

Berjuang Menggapai Ridho ALLAH di Dunia & Akhirat

Jadikan Hidup Punya Makna Yuk…!!!

Tinggalkan komentar

Salam motivasi. Luar biasa pagi ini kita masih bisa berbagi disini. Mengikuti acara chanel TV di pagi hari yang diisi oleh santapan ruhani, kali ini saya juga ingin berbagi untuk diamalkan terutama yang meyakini Islam sebagai agamanya. Dan ini merupakan bagian dari dakwah yang hukumnya fardu ain.

Saya hanya ingin berbagi ilmu atau renungan yang menjadikan hidup kita penuh makna sesuai dengan hakekatnya di jum’at ceria pagi ini.

“Dan tidaklah Aku menciptakan jin dan manusia selain untuk beribadah kepada-Ku” (QS adz-Dzariyat[51]:56)
Agar hidup kita punya makna sebaiknya kita dapat meraih 4 nilai dalam kehidupan ini. Keempat nilai tersebut adalah;

1. Nilai ruhiyah yang dapat kita peroleh dengan menjalankan ibadah-ibadah mahdhah kepad Allah SWT. Shalat wajib tak pernah dilupakan, shalat sunnah, dhuha, tahajud,istikharah dan lainnya diupayakan, dakwah tidak dilalaikan, demikian juga dengan kewajiban lainnya.

2. Nilai Khuluqiyah. Bagaimana meraih nilai yang ini? Yaitu dengan mendarah-dagingkan akhlak mulia di dalam dirinya. Senantiasa berkasih sayang kepada sesame muslim, hormat kepada yang lebih tua, menengok orang sakit, hormat kepada guru, dan membantu orang yang lemah, seluruh akhak mulia sesuai ajaran Islam dilakukan.

3. Nilai Insaniyah. Artinya peduli kepada sesame manusia tanpa memandang, suku, ras, ataupun agamanya. Ini dilakukan dengan melaksananakan seluruh hokum-hukum Allah SWT yang berkaitan dengan manusia secara umum. Misalnya ketika ada kecelakaan di jalan raya. Tanpa perlu bertanya kita segera menolong, ketika jadi penguasa harus bisa menerapkan hokum Allah secara benar. Ketika datang ke kamp pengungsian harus mau membantu tanpa memandang siapa mereka.

4. Nilai Madiah atau materil. Kita berhak mendapatkan nilai ini sesuai dengan tuntunan Islam. Misalnya; Sebagai seorang pedagang ia berupaya mendapat untuk dengan cara yang benar. Sesuai dengan ajaran Islam. Sebagai pegawai ia paham mana yang hak dan mana yang bathil, apapun pekerjaannya, ia selalu taat dan paham mana yang halal dan haram. Begitu juga ketika membangun rumah. Ia berusaha membuat rumah yang kokoh yang bisa melindungi keluarganya dan juga kesehatannya terjaga.

Mungkinkah kita mendapatkan keempat nilai tersebut dalam hidup kita? Semua tergantung dari sejauh mana usaha kita memaknai hidup ini. Karena semua itu baru bisa tercapai dengan melakukan seluruh hukum Islam. Artinya seseorang yang betul-betul tunduk, taat dan patuh pada hokum Islam. Tidak ada acara pilih-pilih ayat, tidak ada alasan-alasan yang hanya menguntungkan diri sendiri. Tidak menunda apa yang sudah jadi hukum Allah. Jadikan hidup ini untuk ibadah maka hidup ini akan bermakna.

Bagaimana menurut anda?

Penulis: astutianamudjono

I am a teacher, motivator, blogger who try sharing and growing together.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s