Sri Sugiastuti gurujalanjalan

Berjuang Menggapai Ridho ALLAH di Dunia & Akhirat

Pentingnya Time Management

Tinggalkan komentar

Waktu. Adalah salah satu hal yang berharga yang kita miliki. Selain berharga, waktu dalam Islam juga termasuk hal yang utama. Keutamaan waktu telah terukir indah dan tegas dalam QS. Al-‘Ashr. Dalam Al-Quran disebutkan, “Demi waktu. Sesungguhnya manusia (benar-benar) berada dalam kerugian. Kecuali, orang—orang yang beriman dan mengerjakan kebaikan serta saling menasihati dalam kebenaran dan kesabaran”. Sehingga dari sini nampak jelas bahwa alokasi waktu itu sebenarnya hanya digunakan untuk 2 (dua ) hal saja, berbuat baik dan saling menasihati dalam kebenaran dan kesabaran.

Nah…bunda, karena begitu utamanya waktu ini maka kita memerlukan sebuah ilmu managemen (mengatur) agar waktu kita menjadi efektif, efisien dan tentu saja produktif.
Bunda Septi semakin mempertajam “serius”nya perkara waktu ini dengan mengingatkan kita, bahwa jika ibarat pedang samurai, waktu akan menebas kita bila tidak diatur dengan sungguh-sungguh. Hii… syereem.
Waktu juga tak akan pernah kembali atau diulang lagi. Bila sudah lewat ya sudah, kita hanya bisa memperbaikinya di masa depan dengan berusaha tidak mengulang kesalahan yang sama dan menjadikan waktu kita benar-benar berkualitas.

Efektif dan Efisien
Sebelum mengupas lebih dalam tentang waktu ini, maka perlu kita pahami makna efektif dan efisien terlebih dahulu.

Efektif dimaknai sebagai memberikan hasil yang maksimal, atau sesuai dengan tujuan. Maka agar waktu kita efektif kita membutuhkan tujuan yang jelas, focus dan alokasi waktu yang cukup.
Karena efektif ini berkaitan dengan hasil, maka kita perlu kejelasan tujuan kegiatan/aktivitas yang kta rencanakan. Sehingga dimanapun bunda bekerja (baik ranah public maupun domestic), pastikan bunda memiliki kejelasan tujuan, target pencapaian yang spesifik.
Lalu apa bedanya dengan efisien?

Efisien terkadang lebih berkaitan pada aspek sumber daya yang kita miliki. Termasuk waktu. Misalnya seperti ini, bunda ingin menyelesaikan sebuah kegiatan. Kegiatan ini bunda targetkan bisa rampung dalam waktu 1 jam. Dan bila bunda bisa menyelesaikan kegiatan itu benar dalam waktu 1 jam, maka itulah efisien. Namun, bila kegiatan itu belum selesai dalam target waktu anda maka itu namanya tidak efisien.

Maka agar bisa efektif dan efisien kita perlu menata kegiatan-kegiatan kita. Sebab efektif dan efisien ini tidak bisa dipisahkan.

Sumber : http://www.ibuprofesional.com

Penulis: astutianamudjono

I am a teacher, motivator, blogger who try sharing and growing together.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s