Sri Sugiastuti gurujalanjalan

Berjuang Menggapai Ridho ALLAH di Dunia & Akhirat


25 Komentar

Wisata Air di Umbul Ponggok & Tips Aman Selama Menikmatinya

 

Hi… ! Kali ini  Uti mau bikin penasaran buat pembaca yang belum pernah menikmati wisata air di umbul Ponggok. Uti meyakini bahwa wisata air ini jadi andalan banyak orang yang punya hobi berenang dan menyelam. Wisata ini juga bisa jadi pilihan sekaligus jadi salah satu tempat refreshing yang murah meriah dan menyehatkan. Pastinya kebayang dong seperti apa kira-kira tempatnya. Kalau sudah ada yang pernah kesana berharapnya tulisan ini bisa jadi mengingat nostalgia terindahmu di obyek wisata air ini, atau mungkin ingin mengenangnya kembali.

dscn1940

Suasana pagi hari di umbul Ponggok Klaten

Mau cerita dari awal dulu ya. Akung sama Uti berencana dari Solo ke Jogya  boncengan naik ngeng-ngeng roda dua. Modus banget Solo Jogya melewati Klaten arah barat, melesat sampai obyek wisata Umbul Ponggok. Kenapa bisa begitu jegleg banget dan buang waktu. Tidak lah yauwwh. Ini obat penasaran Akung dan Uti setelah 30 tahun tidak pernah mengunjungi Umbul Ponggok. Apalagi setelah direnovasi dan dikelola secara professional oleh Pemda Klaten.

Uti seakan ngga percaya. Ternyata yang Uti lihat di  situs internet benar adanya. Wisata air umbul Ponggok sangat ruar biasa. Ada wahana untuk yang hobi snorkeling dan juga diving. Umbul Ponggok ini kedalamannya  kurang lebih 2-2,5 meter. Ini  sangat ideal buat berenang dan menyelam. Kalau untuk pemula ngga perlu khawatir ada pelampung sebagai alat bantu. Karena airnya yang jernih, segar  dan dingin pastinya asyik banget berlama-lama di umbul itu. Dengan menyelam kita bisa  melihat dasar umbul yang dipenuhi bebatuan lumut dan ikan sangat jelas.

dscn1941

Kayaknya sudah ngga sabar nih ingin segera nyemplung

 Wuihhh ternyata banyak ikan hias air tawar yang cantik dan gagah yang menemani kita saat berenang atau sekedar bermain air di pinggir umbul. Mereka sangat bersahabat loh dan seneng selfie juga kata para penyelam yang sudah merasakan sensasi berenang dan menyelam di umbul Ponggok.

Umbul Ponggok yang berada di desa Ponggok, kecamatan Polandia eh Polanharjo Klaten Jawa Tengah ini sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Jadi waktu zaman kita dijajah Belanda pun, umbul ini sudah difungsikan untuk pengairan perkebunan dan pertanian. Klaten dan Delanggu yang letaknya di bawah kaki gunung Merapi dan Merbabu ini memang terkenal subur makmur.

Untuk bisa sampai ke lokasi wisata air umbul Ponggok kita bisa menggunakan kendaraan pribadi, sepeda motor, andong, atau carter mobil. Tapi karena minimnya petunjuk arah untuk menuju lokasi, maka bagi yang belum pernah datang ke umbul Ponggok maka harus rajin bertanya atau gunakan GPS dan google maps biar tidak tersesak terlalu jauh karena jalannya yang keluar masuk desa dengan pemandangan sawah yang menghijau. Kita bisa dari arah Boyolali, Delanggu, atau Jogya

dscn1944

Selfie di pinggir umbul Ponggok karena niatnya survey biar ngga penasaran

Untuk bisa sampai ke lokasi wisata air umbul Ponggok kita bisa menggunakan kendaraan pribadi, sepeda motor, andong, atau carter mobil. Tapi karena minimnya petunjuk arah untuk menuju lokasi, maka bagi yang belum pernah datang ke umbul Ponggok maka harus rajin bertanya atau gunakan GPS dan google maps biar tidak tersesak terlalu jauh karena jalannya yang keluar masuk desa dengan pemandangan sawah yang menghijau. Kita bisa dari arah Boyolali, Delanggu, atau Jogya.

Harga tiket masuk ke umbul Ponggok waktu itu hanya 8000 rupiah di hari biasa, 10.000 di hari minggu dan libur, parkir sepeda motor 2000 rupiah, parkir mobil 4000 rupiah. Mungkin sekarang sudah beda lagi tarifnya. Nah kalau untuk kulinernya, ada banyak warung makan yang menyediakan menu masakan jawa ada soto, pecel, kare, oseng oseng dengan lauk yang cukup beragam, tahu ,tempe, telor asin, ayam goreng, lele, nila dan teman temannya deh. Harganya juga dijamin terjangkau.

dscn1939

waktu yang paling tepat ke umbul Ponggok ya pagi hari

Sebenarnya umbul Ponggok itu seperti apa sih? Pengen tau dong. Detailnya tuh umbul ini pada bagian dasar umbul didominasi pada bagian dasar umbul didominasi oleh bebatuan, lumut, dan pasir layaknya seperti dasar laut tapi airnya tawar. Di umbul Ponggok hidup berbagai jenis ikan hias air tawar yang cukup banyak. Ikan-ikan ini sangat bersahabat loh mereka bisa action juga kalau mau difoto. Jangan dikira karena banyak ikan di dalam umbul tersebut lalu airnya jadi amis layaknya di kolam ikan. Air di umbul itu justru dingin, jernih dan menyehatkan, karena air terus keluar dengan deras dari sumber mata air dan mengalir ke sungai yang ada di sekitar umbul. Jadi sudah pastinya airnya fresh terus dan selalu berganti.

Semakin penasaran ya? Udah buruan aja di jadwalkan kapan mau berkunjung ke umbul Ponggok. Fasilitas yang disediakan untuk snorkeling dan menyelam juga sudah disediakan, kolam kecil untuk anak anak juga ada, kamar mandi, mushola, warung makan yang ada di dalam komplek umbul lumayan lengkap. Mau berselfie ria di dalam air bersama ikan ikan juga siap. Pokoknya bermodal niat, sehat, sempat jugm kocek yang ngga terlalu mahal akan terwujid wisata indah dan berkesan ini.

Biar tambah afdol tulisan ini boleh dong Uti tambahkan beberapa tips ketika menikmati wisata air di umbul Ponggok.

  1. Bawa baju ganti.

Lah iya lah. Mau main air, mau berenang dan berselfie di dalam air perlengkapan baju dan lain-lainnya harus disiapkan. Walau disana disediakan juga sih kalau mau beli mendadak. Tapi kan sayang kalau harus keluar uang lagi hanya untuk membeli baju ganti. Tapi kalau mau selfie aja dan memakai baju yang disewakan sama pengelola bisa juga sih tentunya ada biaya tambahan untuk itu.

  1. Fisik yang sehat.

Ini jadi syarat mutlak buat orang yang suka dengan wisata air yang langsung inginnya terjun langsung berenang dan suka berlama-lama di dalam air. Kalau kondisi fisik tidak prima. Ujung-ujungnya bukan fresh malah keok atau tepar. Karena umbul ini cukup dalam jadi harus bisa bereng. Kalau belum bisa ada pelampung juga pendamping kalau memang punya keinginan foto di dalam air.

  1. Warming Up/Pemanasan

Berenang atau sekedar bermain air di umbul yang airnya dingin itu perlu pemanasan. Suhu badan yang tadinya panas bila tiba-tiba langsung nyemplung ke umbul bisa menyebabkan kram.  Kram itu musuh kita di dalam air. Kalau tidak bisa mengatasi akan fatal akibatnya. Maka perlu warning up untuk menghindarinya.

  1. Jangan malu minta pertolongan.

Kadang tanpa kita sadari sering ya merasa PD banget ketika berada di dalam air. Padahal berenang dan menyelam itu perlu keahlian. Jangan samapai karena kepedean dan mau selfie malu minta tolong padahal ngga kuat nahan nafas dan hampir kemasukan air hidungnya.

  1. Tetap waspada

Ketika kita memutuskan untuk berenang dan menyelam di umbul yang cukup dalam. Keselamatan diri kita dan orang lain harus dijaga. Ini harus jadi pertimbangan utama. Walaupun jago renang dan menyelam jangan sekali kali menyepelekan keselamatan. Kita yang bisa mengukur kemampuan kita untuk tetap waspada.

dscn1945

Sebelum lanjut ke Jogya, selfie dulu ya sama mas Hubby

Uti sudah kasih tips ya. Sekarang Uti mau lanjutkan perjalanan ke Jogya nih dengan membawa rencana suatu hari mau ke umbul Ponggok  mengajak anak cucu. Tadi Uti cuma mampir sejenak dan survey kecil kecilan di sekitar umbul Ponggok.

Memori Uti akhirnya membandingkan suasana umbul Ponggok 30 tahun lalu dengan riuh ramainya antara ibu-ibu yang mencuci baju di umbul berbaur dengan anak-anak yang berenang riang gembira

Sekarang umbul Ponggok sudah dikelola dengan baik bisa untuk tandingan snorkeling air tawar ala snorkeling Bunaken.

 


26 Komentar

Telaga Warna yang Eksotik

112

Taman yang ada di dekat telaga warna di Dieng Wonosobo

Hi, mau nanya nih, sudah pernah jalan-jalan ke Dieng kah? Kalau sudah pasti banyak ya bisa dinikmati di sana. Sampai bingung  deh mana dulu  yang mau diceritain. Nah kali ini saya mau berbagi kenangan yang saya rasakan ketika jalan-jalan ke Telaga Warna yang jadi salah satu obyek wisata di Dieng Wonosobo.

Kami sengaja dari Solo pagi hari lewat Kopeng, Blabak, Magelang Secang, Temanggung baru menuju Ke Wonosobo. Sepanjang jalan mata ini dimanjakan dengan pemadangan pegunungan Telomoyo dan lereng lerengnya yang ditanami aneka jenis sayuran yang tumbuh di daerah pegunungan. Pas waktunya perut mulai keroncongan kami berhenti di pinggir jalan menikmati bekal yang kami bawa. Sudah niat mau sarapan di pinggir jalan sambil menikmati udara sejuk pegunungan Telomoyo.

033

Makan dulu di pinggir jalan sebelum melanjutkan ke tempat tujuan

Bekal yang kami bawa cukup menyelera. Nasi kotak yang sudah dilengkapi dengan ayam goreng, lalapan dan oseng kikil yang maknyoss. Acara sarapan selesai. Cuusss.. yuk lanjut mobil meluncur cepat melewati jalur yang kami pilih. Saya menikmati perjalanan Temanggung-Wonosobo yang terus menuju ke Dieng. Sebelum sampai di obyek wisata Telaga Warna kami sempat berhenti di gardu pandang karena si Aura cucu saya kebelet pipis. Yuk turun dulu yang mau pipis siapa lagi nih?

 
066

Yang bisa dilihat dari pos gardu pandang.. kebun kentang yang sangat terkenal dari Dieng

Karena perjalanan lancar jam 10 kami sudah sampai Telaga Warna. Hmm ternyata bener apa kata mbah Google pemandangan dan udara pegunungan di obyek wisata ini sejuk, bersih dan penuh dengan ketenangan. Waktu itu masih pagi dan harinya sabtu juga sedang tidak musim liburan jadi ngga terlalu ramai.

 
Setelah membeli tiket kami masuk  ke lokasi telaga Warna. Seakan ngga percaya melihat danau atau telaga yang saat itu dalam keadaan kering air danau tidak melimpah dan warna yang muncul siang itu hijau cantik sekali’
 
088

Telaga Warna yang sedang kering, tetap saja memancarkan keindahan dan ada misterinya

Pasti pada penasaran ya koq dibilang unik cantik dan ada kesan misterinya. Konon air di telaga ini kerap berubah-ubah warnanya. Kadang kekuningan, hijau, biru, bahkan sering juga memancarkan warna pelangi. Tepat sekali bila penduduk di sekitar Dieng menyebutnya telaga Warna.

Telaga Warna ini berada di ketinggian 2000 meter diatas permukaan laut, dan dikelilingi oleh pemandangan pegunungan dan pepohonan yang hijau. Jika kalian ingin menikmati cantiknya Telaga Warna Dieng ini, Pagi dan Siang Hari adalah waktu yang tepat untuk menikmatinya. Karena apabila kalian datang sore hari, Kalian hanya akan melihat kumpulan kabut yang menutupi lembah.

Kami merasa beruntung bisa berada di ketinggian 2000 meter.Telaga Warna berada di desa Dieng  Wetan, kecamatan Kejajar. Wonosobo. Menikmati keunikan pemandangan alam di sekitar telaga Warna. Air telaga yang mengering dan terkesan tenang sedang di pinggir telaga pepohonan rindangmenambah kekaguman saya dan keluarga ketika tadabur alam di Dieng.

085

Telaga yang kering dan pohon kering yang dibiarkan tumbang, memberi kesan bila telaga ini tidak kering pohon tersebut akan tenggelam.

Kami sempat menyusuri tepi telaga yang di kelilingi pohon rindang terkesan serem. Menurut sejarah telaga ini terjadi karena letusan gunung Purba ratusan tahun yang lalu.Kalau kisah mitosnya boleh percaya ngga percaya warna telaga itu berasal dari cicin milik seorang bangsawan yang jatuh ke dasar telaga. Makany air di dalam telaga itu bersinar indah seperti cicin milik bangsawan tersebut.

Tapi kalau menurut pnelitian yang akurat, warna itu muncul karena ada pembiasan dari cahaya yang ada di sekitar telaga, warna langit biru, kekuningan, hijau atau mungkin bila cuaca mendung air telaga akan berubah warna menjadi abu-abu.

Oya di sebelah telaga Warna masih ada telaga Pengilon. Sayangnya kami tidak menunjunginya. Kami malah tertarik untuk menyusuri goa yang ada di sekitar tepi danau.Samapi saat ini masih ada salah satu goa yang digunakan untuk upacara keagamaan biasanya mereka adalah umat Hindu. Goa di sekitar telaga   cukup banyak ada goa Semar, Goa Sumur, goa Batu Tulis dan goa Jaran

108

Jalan menyusuri tepi telaga di antara pepohonan yang rindang menuju goa yang di sekitar tepi telaga

Rasanya kami betah berlama-lama di tepi telaga sambil menikmati jagung rebus dan iringan musik pengamen yang buka lapak di dekat tepi pantai yang berhasil menghibur pengunjung, sekaligus mengumpulkan rupiah yang bisa dibawa pulang.

Bila anda penasaran karena belum pernah kesana. Jangan ditunda. Sebelum jalan-jalan ke Luar Negeri wajib hukumnya menikmati keindahan alam Bumi Pertiwi ini.

Untuk saat ini wisata ke Dieng belum bisa menggunakan bus wisata yang besar. Pertimbangannya adalah jalan yang sempit dan naik turun plus berkelak kelok pula. Jadi sebaikanya menggunakan bus wisata mini, kendaraan pribadi, angkutana umum, sepeda motor atau carter bus mini yang dimiliki oleh Kabupaten Dieng.

 

 

Untuk tiket masuk, bayar parkir dan melihat obyek wisata yang berdekatan di komplek Dieng sangat bervariasi. Yang jelas bila membeli tiket perorangan dan rombongan tentunya berbeda.

Nah itu tadi sekelumit foto bercerita yang sempat saya simpan di memori saya. Semoga besok jumpa lagi dengan cerita jala- jalan kami yang lain.


1 Komentar

Enam Prinsip Mengelola Blog Versi Omjay

Kiatnya dalam mengelola blog bener banget Omjay.makasih

Labschool Jakarta

Menulislah setiap hari di Blog Anda

Hal terpenting yang perlu anda ketahui dalam mengelola blog di dunia maya adalah bahwa layaknya mengelola rumah di dunia nyata, mengelola blog juga memerlukan prinsip dalam hal menggapai keberhasilan dan kesuksesan. Selama ini penulis menjalani prinsip 5 K, yaitu: Kemauan, Kerja keras, Komitmen, Koneksi, dan Kreativitas.

Lihat pos aslinya 607 kata lagi


22 Komentar

Tips Belanja di Pasar Tegalgubug Cirebon

Awalnya ngga sengaja untuk bisa jalan-jalan ke Jawa Barat  khususnya Cirebon dan sekitarnya. Sebenarnya pemicunya tuh kata kunci “Tegalgubug” yang konon jadi sentra pasar sandang terbesar se Asia Tenggara. Jadi penasaran nih.. apa benar kata mbah Google.

Selain itu saya juga penasaran sama kota Cirebon. Perasaan saya Cirebon dari mulai saya indil-indil sampai ondol ondol kerap kali dilewati baik ketika naik kereta api Jakarta Solo PP maupun naik si roda empat. tapi ngga pernah singgah . Kebetulan ngga punya sanak family di kota udang itu.

“ Kung ayo kita dolan ke Cirebon dan sekitarnya sambil kita buktikan apa kata Mbah Google tentang Tegal Gubuk yang membumi itu.”.. Si Akung mah oke-oke aja. Maklum sudah pensiun, sudah saatnya menikmati hari tuanya sambil menghibur hati.

Singkat cerita kami dah pegang tiket  Kereta  Jaka Tingkir Solo-Cirebon. PP lumayan ada di tarif terendah. Ini  traveling  semi backpackeran. Belum tau mana yang mau dituju ikuti aja apa kata hati. Saya Cuma ingin ke Tegalgubug, Kuningan dan Gua Sunyarungi.

Kami berangkat sore hari dari stasiun Purwosari dan tengah malam jelang dini hari sampai di Stasiun Cirebon Perujakan. Weleh saking penasaran dengan pasar Tegalgubug, saya belain carter angkot Rp. 150.000,- untuk bisa sampai ke pasar Tegalgubugp katanya pasar ini ramai di hari Sabtu dan Selasa. Ternyata keadaan pasar Tegalgubug ngga seheboh yang saya bayangkan. Lah saya sampai di sana dini hari, suasana sepi. Pasar itu juga becek karena habis hujan.

Pasar ini tepatnya terletak di kelurahan Tegalgubug kecamatan Arjawinangun Cirebon. Pantas saja dikatakan sebagai pasar sandang terbesar di Asia Tenggara. Saya yang datang dini hari masih dalam keadaan belum terlalu ramai bisa melihat betapa luasnya pasar tersebut.

Si Akung capek kali ya,  dia pilih nunggu di warung kopi . Saya  masih  semangat , walau becek  dah niat sih  pengen   membandingkan harga dan barang yang ada di Tegalgubuk dan di Solo saya jalanin. Saya meleawati beberapa lapak yang dibuat ala kadarnya dan menanyakan beberapa harga baju yang mereka jual. Mungkin mereka kira saya ngga ngeri tentang harga dan kualitas baju ya. Jadi mereka kasih harga sesukanya. Jujur saya kecewa “ Yahh ngga seasyik yang saya bayangkan.

berita-cirebon-omset-miliaran-setiap-hari-pasaran-namun-kondisi-pasar-tegalgubug-terkesan-kumuh

Sumber: http://www.cirebontrust.com/

Jujur saya sedikit kecewa dengan kenyataan yang saya lihat. Tapi untuk menghilangkan kekecewaan saya tetap ada yang saya beli dari pasar Tegalgubug berharap ke depannya bisa punya langganan dan jadi mitra bisnis fashion saya.

Nah untuk yang ingin mencoba bisnis baju murah produk pasar Tegalgubug saya mau kasih tips nih semoga bermanfaat ya. Ini sudah saya praktekin loh.

  1. Survey dulu ya. Survey ini penting supaya mendapatkan informasi yang terbaik sesuai dengan pangsa pasar kita baik untuk harga model dan tata cara pemesanan termasuk pengiriman dan pembayaran
  2. Bila sudah dapat tempat pilihan yang cocok dan sreg dengan tata caranya. Maka pilih lah mitra bisnis yang memberi pelayanan prima misalnya untuk pengiriman dan pengembalian barang yang rusak atau catcat.
  3. Setelah mengadakan transaksi bila yang pertama dengan datang langsung bisa buat perjanjian walau tidak tertulis bahwa barang yang sudah dikirim akan dicek lagi dan bila ada yang tidak sesuai bisa dikembalikan.
  4. Sebelum menentukan pilihan untuk belanja baik offline atau online pastikan bahwa barang yang dibeli bakal laris manis, dan tau persis kualitas bahannya nyaman dipapakai, termasuk juga jahitan dan modelnya masih ngetrend.

Bagaimana sudah kebayang belum apa yang saya ceritakan tadi? Intinya saya ngga penasaran lagi dengan pasar Tegalgubug dan akhirnya saya sempat nelanja offline untuk pertama kali di pasar Tegalgubug dan mungkin yang terakhir kali. Mengingat jaraknya jauh dan berat diongkos kemudian kualitas barangnnya tidak seperti yang saya bayangkan.

Begitu juga dengan belanja onlie di pasar Tegalgubug. Saya terkecoh dengan gambar yang tidak dijelaskan secara detail. Memang sih harganya murah, tapi kalau memasarkannya lambat, lebih baik tidak bertransaksi lagi secara online.

Jadi itu sekilas kesan saya tentang pasar Tegalgubug. Oh ya saya Cuma sekitar satu jam di pasar Tegalgubug setelah itu saya langsung nyegat bus jurusan Cirebon dan lanjut ke Kuningan.

DSCN2238

Sisi lain setelah pulang dari Tegalgubug dapat rumah singgah dengan view yang cantik plus udara yang sejuk


24 Komentar

Tip Perawatan Dapur dan Pernak-Perniknya

Hi, Emak …Masih ingat ngga dengan istilah “Dapur  dan  kamar mandi adalah  cerminan kepribadianmu” konon bisa disimpulkan kalau dapurnya kinclong berarti kepribadiannya juga kinclong suka yang bersih dan lumayan perfect.Begitu juga sebaliknya. Tapi karena banyak faktor yang menyebabkan dapur bisa tetap kinclong jadi istilah itu tidak seratus persen benar.

114

Sumber https://fadiahnurannisa.files.wordpress.com/2014/01/114.png (Dapur penuh dengan perlengkapan masak)

Banyak loh  orang yang mengeluh bila terlalu lama di dapur atau menyellesaikan pekerjaan yang ada hubungannya dengan dapur. Mereka beranggapan pekerjaan dapur menyita banyak waktu, lebih baik mengerjakan pekerjaan yang lain.Tapi kalau yang suka masak memasak dan menyakini dia bisa dapat rezeki banyak dari memasak mindsetnya pasti beda. Dia betah banget berada di dapur dan ketika masuk dapur bersih meninggalkan dapur juga dalam keadaan bersih.

tips-menata-peralatan-dapur

Sumber http://www.ideaonline.co.id/var/gramedia/storage/imagesS/idea2013/tips-trik/tips-menata-peralatan-dapur/15357003-1-ind-ID/Tips-Menata-Peralatan-Dapur.jpg

Memiliki dapur yang bersih, nyaman dan cozy untuk berlama-lama di sana memang sesuatu banget ya. Di dapurlah proses sreng sreng, tumis tumis goreng menggoreng juga mengubah bahan mentah jadi sesuatu yang special untuk dinikmati orang orang tercinta.Ini idaman semua Emak, hayoo ngaku iyaa kan !

Ada kepuasan batin tersendiri ketika menghidangkan hasil mengeksekusi bahan yang ada di dapur menjadi sesuatu yang istimewa.  Apalagi dibarengi adanya pujian dari mulut- mulut mungil yang menikmatinya  ( itu sih dulu ketika anak-anak masih kecil). Walau ada yang membantu bersih bersih di rumah saya tetap masuk dapur mengajari si mba bagaimana itu membersihkan kompor dan teman teman setelah selesai masak. Ada rahasianya dong.

Kalau tentang rahasia bagaimana agar dapur tetap kinclong dan bersih saya punya banyak ilmu dari Bundaku sayang. Rahasia yang lain ya saya dapat dari Mbah Google lah lewat jaringan  yang kenceng Dapurku bisa tetap kinclong.

Setiap perempuan yang cerdas pasti punya mindset untuk bisa ngelink ke dapur digital Saya sering penasaran sambil mengingat petuah atau tips dari Bunda  apa benar sih? Ternyata memang banyak tips yang disampaikan Bunda sudah bisa digooling di internet. Walau mungkin sudah pernah tau atau baca, ngga apa-apa saya ingatkan lagi ya  biar nempel di dahi terus diaplikasikan langsung terjun ke dapur.

Saya sendiri paling senang kalau habis masak terus dibersihkan dan melihat dapur dalam keadaan rapih bersih dan cantik. Caranya ya  kita harus bisa memelihara peralatan dapur yang ada supaya tetap kinclong walau sudah dipakai berulang kali bahkan mungkin itu barang warisan dari orang tua. Itu sih saya, ada kompor, wajan, Teflon, Blender Juicer yang sering saya pakai itu warisan dari Bunda yang saya pakai hampir 10 tahun  sedangkan Bunda dah pakai juga lama sekali.

Untuk membersihkan peralatan dapur banyak yang bisa kita lakukan dengan bantuan aneka bahan yang ada di sekitar rumah kita, ada kentang , jeruk nipis atau lemon, tomat, belimbing wuluh,cuka, garam,cola

Inilah fungsi dari bahan bahan tersebut;

  1. Lemon atau jeruk nipis

Jeruk lemon dengan aroma yang menyegarkan bisa untuk membersihkan peralatan dapur. Campurkan saja kulit bekas lemon yang sudah diperas untuk menghilangkan lemak yang ada di peralatan dapur yang kotor karena lemak membandel. Biasanya pada wajan dan panci yang digunakan untuk membuat rendang , kalio atau rawon. Bagian kompor yang berkarat juga bisa dibersihkan dengan lemon, karena sifat asam pada lemon mampu membersihkan karat yang menempel di kompor.

 

  1. Belimbing Wuluh dan air hangat

Belimbing wuluh bisa buat membersihkan noda di keramik dapur atau juga noda yang berkerak pada wajan dan panci. Caranya mudah saja . Oleskan keramik yang bernoda atau wajan yang berkerak diamkan sebentar, setlas itu digosok baru dibilas dengan air hangat. Noda pun akan hilang. Cling.

 

 

  1. Saus Tomat

Saus tomat bukan hanya enak untuk makan siomay atau dicampur di kuah steak. Saus Tomat bisa jadi solusi untuk membersihkan bagian wajan dan panci yang gosong. Karena sifat asam asetat yang bereaksi pada bagian panci yang gosong.Caranya; Bagian yang gosong dilumuri saus tomat lalu diamkan 20-30 menit setelah itu dicuci bersih maka bagian yang gosong sangat mudah dibersihkan dan pancipun kembali cemerlang.

tomat-buah

  1. Kentang dan garam

Kentang goreng yang tersaji di soto ayam memang yummy. Ternyata kentang yang mengandung asam oksalat bisa membantuh memusnahkan karat. Jadi gunakannlah kentang buat membersihkan kompor, rak piring atau peralatan dapur yang terbuat dari logam. Nah caranya; kentang dibelah dua lalu dicelupkan pada butiran garam setelah itu gosokan pada bagian yang berkarat atau kusam. Taraa.. si kusam pun pergi.

 

  1. Asam Jawa dan garam

Asam  jawa bukan saja enak dibuat syrup gula asem tapi bila dicampur dengan garam bisa bermanfaat untuk membersihkan peralatan dapur yang terbuat dari almunium.Kadang peralatan itu kotor ddengan munculnya flek hitam di wajan atau di panci almunium. Asam jawa dan garam bisa membersihkannya dengan cara; campurkan asam dan garam lalu gunakan untuk membersihkan wajan ata panci alumunium yang memiliki flek hitam di sekitar bagian  wajan tersebut.Setelah digosok bilas dengan air bersih maka peralatan itu akan cantik kekbali.

 

 

6. Garam Dapur dan Cuka

Bahan ini berguna buat membersihkan si noda hitam pada dinding. Sering lihat ada noda noda di dindin ya. Nah ngga usah repot ambil saja garam yang sudah dicampur cuka biarkan dululbeberapa menit baru digosok bagian yang noda dengan sikat kalau sudah baru dibilas hingga bersih. Nodapun lenyap dalam sekejap. Cuka juga bisa buat membersihkan peralatan yang terkena noda bumbu kunyit, teh atau kopi

7.Cola

Minuman bersoda ini dengan kandungan asam yangsangat tinggi mampu membersihkan wajan yang gosong karena caramel, menghangatkan sayur sampai kekeringan, atau juga setelah alat digunakan untuk memanggang. Carnya cukup mudah, tuangkan cola ke wajan atau panji yang gosong tadi lalu didihkan di atas kompor dengan api kecil. Perlahan lahan dengan menggunakan spatula kayu kikis perlahan bagian yang gosong hingga terlepas semua bagian yang gosong di wajan atau di panci tersebut.

Emak ini salah satu nyamannya hidup di dunia enternet. Kita banjir informasi. Mau tanya apa saja si Mbah Google pasti bisa jawab. Masalahnya mau dipraktekkan atau tidak., itu urusan nanti.


4 Komentar

7 Sumur dan Ikan Kancra Bodas di Cibulan Kuningan

Cibulan jadi target kedua kami yang sedang traveling di Kuningan kali ini. Traveling yang tanpa rencana yang jelas karena tujuan awal kami kota Cirebon tapi ingin bermalamnya di tempat yang sejuk maka Kuningan jadi pilihan kami secara spontan.

Sempat sih googling ngintip obyek wisata yang ada di Kuningan. Wihhh ternyata banyak banget. Mana mungkin waktu yang cuma setengah hari bisa mengunjungi obyek wisata di Kuningan. Makanya atas saran si Aa Cecep driver yang ngantar  saya dan mas Hubby, Cibulan jadi pilihan kami.

DSCN2297

Obyek Wisata Cibulan yang lumayan ramai pengunjungnya

Cibulan termasuk tempat wisata tertua di Kuningan karena sudah ada sejak tahun 1939. Di obyek wisata ini ada apa saja ya..? Disini ada beberapa kolam renang yang airnya dari sumber air alami. kedalaman kolamnya juga berbeda ada yang 1 meter khusus buat anak-anak, ada yang dalamnya 2 meter untuk yang sudah jago renang. Airnya jernih seperti air yang ada di umbul Pengging Boyolali dan umbul Ponggok di Klaten. Pengunjung cukup padat euy.. dari anak-anak sampai ibu bapak, tante om juga lansia termasuk mas Hubby saya.

Letak obyek wisata ini sekitar 10 Km dari Kuningan, Untuk yang tidak menggunakan kendaraan pribadi tidak usah khawatir ada angkutan umum yang memfasilitasi pengunjung yang ingin datang kesana. Tiket masuk pun masih murah cukup 10 ribu, sudah bisa berendam atau berenang sepuasnya.

Ada yang sangat  menakjubkan  di satu kolam khusus yang dipenuhi dengan ikan Kancra Bodas atau biasa disebut dengan ikan Dewa yang sangat dikeramatkan. di kolam itu banyak perenang cilik asyik menyelam mencari uang koin yang sengaja dilempar oleh pengunjung.

DSCN2290

Pawang ikan yang bisa menangkap ikan untuk diajak foto dengan membayar 5rb rupiah.

DSCN2286

Ikan Dewa ketika ditangkap tanpa perlawanan.Perhatikan warnanya elegan dan sisiknya yang besar

Si Aa Cecep bercerita sedikit tentang ikan kancra bodas asalnya dulu itu prajurit Siliwangi yang dikutuk jadi ikan. Nah karena orang ngerti itu ikan dewa atau penjelmaan dari manusia, maka ikan itu tidak ada yang berani mengonsumsinya atau memancingnya untuk dibawa pulang.

Kolam renang dipenuhi anak-anak air kolam yang bersumber dari mata air yang ada di kolam itu membuat mereka betah berlama lama di dalam kolam. Sementara di kolam yang paling besar banyak sekali ikan kancra bodas yang berwarna hitam pekat maupun yang berwarna silver.

Ikan Kancra bodas di air kolam yang jernih

Ikan Kancra Bodas di kolam ikan yang jernih

Saya dan mas Haubby pengen banget ikutan berenang tapi ngga siap apalagi dari semalam  belum istirahat, bisa sakit kalau maksa nyebur dan ikut mandi di kolam. Saya asyik mengamati beberapa anak dan ibunya yang berselfie dengan ikan Dewa. Lucu juga melihat seorang anak kecil sedang dicium mesra sama si ikanDewa itu. Jadi ingat waktu saya dan mas Hubby bawa anak anak kke gelanggang samudera ancol dan anak saya juga minta difoto ketika dicium ikan lumba lumba.

DSCN2293

Cium dulu dong muach muach terlihat si anak merasakan sensasi ciuman ikan Dewa

Saya dan mas Hubby inginnya berlama lama di kolam itu apalagi di sebelah selatan kolam ada tempat untuk wisata religi yaitu 7  sumur yang masing-masing sumur atau sumber mata air itu memiliki khasiat yang berbeda. Komplek di sekitar sumur 7 ini adalah petilasan atau dahulunya tempat prabu Siliwangi bertapa. Sedangkan  sumber air dari 7 sumur tersebut  dipercaya bisa membuat peziarah memiliki kejayaan, kewibawaan, kemuliaan, kesaktian, kemudahan, dan pengabulan. Keselamatan. Komplet ya. Wisata religi bekas petilasan prabu Siliwangi ini paling ramai pengunjungnya di malam jumat kliwon.. Oh  seram.   Sayang saya tidak sempat mengabadikan ke tujuh sumur tersebut Saya dan mas Hubby cukup puas dengan cerita yang disampaikan oleh si Aa Cecep.

Karena berpacu dengan waktu kami harus secepatnya bergegas  menuju tempat parkir yang penataannya agak acak adul.Si Aa yang sudah duluan keluar melambaikan tangannya memberi kode bahwa dia parkir di are luar agar tidak kena macet.

 

 

 

 


20 Komentar

Curug Sidomba di Kaki Gunung Ceremai

DSCN2319

Ini mas Hubby sama mobil si Domba di Kuningan Jawa Barat medio April 2016

Kira kira dengan foto awal seperti ini mau cerita apa ya?  Ini sepenggal kisah saya bersama mas Hubby sepanjang  siang di kota Kuningan nan sejuk dan permai. Ini lokasi ke tiga yang kami kunjungi ketika ngebolang di kota Kuningan.

Nama tempat wisata ini Curug Si Domba. Untuk sampai ke lokasi ini kami mengajak Neng Cicih dan Aa Cecep dari mananya jelas mereka orang Kuningan ya. Pertemuan kami dengan kedua orang ini juga karena Allah semata. Koq bisa ? Apa sih yang tidak bisa kalau Allah sudah mengizinkan.? Buktinya kenekatan kami yang jalan semi backpackeran ala saya  dan mas Hubby

DSCN2299

Ini mas Hubby sama mobil si Domba di Kuningan Jawa Barat medio April 2016

Kisahnya begini, setelah hilang rasa penasaran saya denganpasar Tegalgubug kami melaju ke arah Kuningan diantar bus jurusan Cirebon dari Cirebon kami carter angkutan umum yang disebut si elf menuju ke Kuningan. Bermodal nanya ke Pak sopir dan ada gambaran sedikit tentang Kuningan ketika googling. Sampai lah kami di daerah yang namanya Sangkan Hurip yang konon ada Pemandian air panas alami.

Karena masih musim liburan hotel dan tempat penginapan disana fully , hampir putus asa juga nih, sambil nenteng tas yang lumayan berat setelah bertanya kesana kemari, akhirnya dapat juga guest house yang masih dalam dalam tahap pembangunan. Kami dapat kamar di lantai dua dengan view yang cantik.

DSCN2209

Ini mas Hubby sama mobil si Domba di Kuningan Jawa Barat medio April 2016

Alhamdulillah akhirnya dapat juga tempat untuk istirahat setelah semalaman berpacu di atas rel kereta, disambung angkot, bus dan elf. Rasa penat kami hilang setelah mandi air hangat dan sarapan roti dan teh hangat sementara mata juga dimanjakan dengan pemandangan yang menyejukkan. Puas memandangi keindahan gunung Ceremai saya minta tolong sama Si Ibu pemilik rumah mungkin bisa kasih referensi obyek wisata yang bisa diliat di Kuningan juga caranya sampai ke tempat wisata tersebut.

Si ibu dengan semangatnya memberi info kalau di Kuningan ada waduk Darma, Curug Sidomba, Cibulan, Taman Ade Irma Suryani, Linggar Jati, kalau yang di Cirebon ada Goa Sunyarunyi, Kraton Kasepuhan, dan Kampung Batik Trusmi.”Tapi kalau satu hari ngga cukup deh waktunya, sebentar ya Bu, saya coba hubungi teman saya yang biasa dicarter mobilnya.”

Sambil menunggu jawaban dari teman si Ibu saya dan mas Hubby ke luar kamar menikmati bumi Sangkan Hurip yang memukau, udara pagi mulai menghangat dan cuaca sangat cerah.

DSCN2221

Suasana pagi di sudut kamar saya terlihat asri dan bikin kita betah berlama lama di sudut itu

DSCN2224

Jadi ingin berselfie ria disini sudah siap mas Hubby dengan kamera digital lungsuran Anak lanang 4 tahun lalu

Singkat cerita kami berjodoh dengan teman si Ibu pemilik rumah. Deal si AA cecep siap mengantar kami tapi dia minta ditemani Neng Cicih.. karena mereka semi amatir karena ini pekerjaan partimer mereka. Aslinya mereka pengawai rumah sakit daerah. Si Aa Cecep driver sedang Neng Cicih bagian admin.

DSCN2317

Di pinggir kolam yang berisi ikan nila dan ikan Mas dengan latar belakang masjid yang megah membuat orang betah berlama lama di sana

Curug Sidomba jadi salah satu pilihan yang kami kunjungi. Curug ini   berada di kecamatan Jalaksana, di bawah kaki gunung Ceremai Kuningan. Kami tidak turun samapai ke curug karena lumayan jauh jalannya selain mempertimbangkan waktu yang ada. Si Aa juga bilang ini musim kemarau biasa airnya ngga deras dan kurang bagus dan tingginya juga cuma 3 meter.

Curug Sidomba itu sebenarnya punya mitos bahwa diapa saja yang cuci muka dari air terjun Sidomba bakal enteng jodoh banyak rezeki, dan apa aja yang jadi hajatnya bakal terkabul. Ada juga yang meyakini bahwa tempat ini dulu sebagi salah satu tempat untuk tetirah atau bersemedinya Syech Jenar.

Karena tidak bisa ambil foto air terjun yang kering mas Hubby pilih ambil gambar domba bertanduk 3 yang jadi ikon obyek wisata di Sidomba.

DSCN2305

Di curug Sidomba bisa melihat domba bertanduk 3. Domba ini sudah berpuluh generasi dan dijaga kelestariannya

Di sebelah kandang domba ada kandang burung merak yang cukup besar mas Hubby cukup puas dengan hasil jepretannya walau terhalang kawat halus di lensa kameranya.

DSCN2307

Cantik ya si burung merak ini. dia sedang menyapa saya.. Halo selamat datang.. hehehe

Taman, masjid dan kolam ikan yang ada di lokasi Curug Sidomba terawat dengan rapih, konon ini milik perorangan, tentu membutuhkan dana yang besar untuk merawatnya. Ketika kami berkunjung tidak banyak pengunjung lain yang datang. Ini karena kurang promosi, salah urus atau memang tersa.ingi dengan obyek wisata water boom yang sedang menjamur

Oh iya sebelum meninggalkan lokasi curug Sidomba kami sempat keliling melihat bumi perkemahan yang letaknya ngga jauh dari curug Sidomba.

DSCN2312

Cukup bergaya di depan pintu masuk menuju curug Sidomba

DSCN2303

Bumi perkemahannya ada di bawah sana bersih rapih dan udaranya juga sejuk

Mungkin ada yang mau tau untuk sampai kesana bagaimana gitu? Pengunjung bisa samapai di lokasi dengan kendaraan pribadi atau angkuan umum, tapi ya harus sabar karena menunggunya cukup lama. ketika kami kesana hanya mengeluarkan uang 25 ribu. dengan perincian 4 orang pengunjung plus parkir mobil 5 ribu.

Perlahan mobil kami meluncur meninggalkan lokasi curug Sidomba, untuk melanjutkan ke obyek wisata sejarah yaitu Linggar Jati..

 

 

 

 

 


4 Komentar

My Beloved Son …We Love You

20150501_055957
My happy Family

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kerinduan seorang ibu pada  anaknya sering datang tiba-tiba. Itu yang saya alami setelah puas memeluknya dalam doa..Allah gerakkan tangan ini membuka album lama yang ada di lepi jadul saya. Biarkan saya menulisnya dalam blog ini ya sebagai bukti bahwa saya begitu mencintainya karena kau amanah berharga yang Allah berikan pada saya.

Mau flash back bentar ya..My son  ini anak mahal dan ujian untuk mendapatkan amanah ini juga luar biasa. Saya harus hamil empat kali, pada hamil yang ke empat ini saya baru dipercaya Allah merawatnya menyayanginya dan menjaganya agar menjadi anak yang saleh. My Bocin lahir pada tanggal 7 Januari 1998 dengan berat badan 4 kg. di bulan ramadhan di saat waktu orang tertidur lelap, ketuban pecah lebih dulu berhamburan di sepanjang jalan menuju rumah sakit. My Son lahir normal tanpa bantuan alat tapi saya sempat berhenti mengejan sejenak.

Baca lebih lanjut