Sri Sugiastuti gurujalanjalan

Berjuang Menggapai Ridho ALLAH di Dunia & Akhirat

7 Sumur dan Ikan Kancra Bodas di Cibulan Kuningan

4 Komentar

Cibulan jadi target kedua kami yang sedang traveling di Kuningan kali ini. Traveling yang tanpa rencana yang jelas karena tujuan awal kami kota Cirebon tapi ingin bermalamnya di tempat yang sejuk maka Kuningan jadi pilihan kami secara spontan.

Sempat sih googling ngintip obyek wisata yang ada di Kuningan. Wihhh ternyata banyak banget. Mana mungkin waktu yang cuma setengah hari bisa mengunjungi obyek wisata di Kuningan. Makanya atas saran si Aa Cecep driver yang ngantar  saya dan mas Hubby, Cibulan jadi pilihan kami.

DSCN2297

Obyek Wisata Cibulan yang lumayan ramai pengunjungnya

Cibulan termasuk tempat wisata tertua di Kuningan karena sudah ada sejak tahun 1939. Di obyek wisata ini ada apa saja ya..? Disini ada beberapa kolam renang yang airnya dari sumber air alami. kedalaman kolamnya juga berbeda ada yang 1 meter khusus buat anak-anak, ada yang dalamnya 2 meter untuk yang sudah jago renang. Airnya jernih seperti air yang ada di umbul Pengging Boyolali dan umbul Ponggok di Klaten. Pengunjung cukup padat euy.. dari anak-anak sampai ibu bapak, tante om juga lansia termasuk mas Hubby saya.

Letak obyek wisata ini sekitar 10 Km dari Kuningan, Untuk yang tidak menggunakan kendaraan pribadi tidak usah khawatir ada angkutan umum yang memfasilitasi pengunjung yang ingin datang kesana. Tiket masuk pun masih murah cukup 10 ribu, sudah bisa berendam atau berenang sepuasnya.

Ada yang sangat  menakjubkan  di satu kolam khusus yang dipenuhi dengan ikan Kancra Bodas atau biasa disebut dengan ikan Dewa yang sangat dikeramatkan. di kolam itu banyak perenang cilik asyik menyelam mencari uang koin yang sengaja dilempar oleh pengunjung.

DSCN2290

Pawang ikan yang bisa menangkap ikan untuk diajak foto dengan membayar 5rb rupiah.

DSCN2286

Ikan Dewa ketika ditangkap tanpa perlawanan.Perhatikan warnanya elegan dan sisiknya yang besar

Si Aa Cecep bercerita sedikit tentang ikan kancra bodas asalnya dulu itu prajurit Siliwangi yang dikutuk jadi ikan. Nah karena orang ngerti itu ikan dewa atau penjelmaan dari manusia, maka ikan itu tidak ada yang berani mengonsumsinya atau memancingnya untuk dibawa pulang.

Kolam renang dipenuhi anak-anak air kolam yang bersumber dari mata air yang ada di kolam itu membuat mereka betah berlama lama di dalam kolam. Sementara di kolam yang paling besar banyak sekali ikan kancra bodas yang berwarna hitam pekat maupun yang berwarna silver.

Ikan Kancra bodas di air kolam yang jernih

Ikan Kancra Bodas di kolam ikan yang jernih

Saya dan mas Haubby pengen banget ikutan berenang tapi ngga siap apalagi dari semalam  belum istirahat, bisa sakit kalau maksa nyebur dan ikut mandi di kolam. Saya asyik mengamati beberapa anak dan ibunya yang berselfie dengan ikan Dewa. Lucu juga melihat seorang anak kecil sedang dicium mesra sama si ikanDewa itu. Jadi ingat waktu saya dan mas Hubby bawa anak anak kke gelanggang samudera ancol dan anak saya juga minta difoto ketika dicium ikan lumba lumba.

DSCN2293

Cium dulu dong muach muach terlihat si anak merasakan sensasi ciuman ikan Dewa

Saya dan mas Hubby inginnya berlama lama di kolam itu apalagi di sebelah selatan kolam ada tempat untuk wisata religi yaitu 7  sumur yang masing-masing sumur atau sumber mata air itu memiliki khasiat yang berbeda. Komplek di sekitar sumur 7 ini adalah petilasan atau dahulunya tempat prabu Siliwangi bertapa. Sedangkan  sumber air dari 7 sumur tersebut  dipercaya bisa membuat peziarah memiliki kejayaan, kewibawaan, kemuliaan, kesaktian, kemudahan, dan pengabulan. Keselamatan. Komplet ya. Wisata religi bekas petilasan prabu Siliwangi ini paling ramai pengunjungnya di malam jumat kliwon.. Oh  seram.   Sayang saya tidak sempat mengabadikan ke tujuh sumur tersebut Saya dan mas Hubby cukup puas dengan cerita yang disampaikan oleh si Aa Cecep.

Karena berpacu dengan waktu kami harus secepatnya bergegas  menuju tempat parkir yang penataannya agak acak adul.Si Aa yang sudah duluan keluar melambaikan tangannya memberi kode bahwa dia parkir di are luar agar tidak kena macet.

 

 

 

 

Penulis: astutianamudjono

I am a teacher, motivator, blogger who try sharing and growing together.

4 thoughts on “7 Sumur dan Ikan Kancra Bodas di Cibulan Kuningan

  1. Wah beruntung sekali itu si ikan dikira ikan dewa. Hehe…. jadi gak ada yg berani nangkep untuk dikonsumsi ya…

  2. teacher, blogger n traveller. Sip

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s