Sri Sugiastuti gurujalanjalan

Berjuang Menggapai Ridho ALLAH di Dunia & Akhirat

Tip Perawatan Dapur dan Pernak-Perniknya

24 Komentar

Hi, Emak …Masih ingat ngga dengan istilah “Dapur  dan  kamar mandi adalah  cerminan kepribadianmu” konon bisa disimpulkan kalau dapurnya kinclong berarti kepribadiannya juga kinclong suka yang bersih dan lumayan perfect.Begitu juga sebaliknya. Tapi karena banyak faktor yang menyebabkan dapur bisa tetap kinclong jadi istilah itu tidak seratus persen benar.

114

Sumber https://fadiahnurannisa.files.wordpress.com/2014/01/114.png (Dapur penuh dengan perlengkapan masak)

Banyak loh  orang yang mengeluh bila terlalu lama di dapur atau menyellesaikan pekerjaan yang ada hubungannya dengan dapur. Mereka beranggapan pekerjaan dapur menyita banyak waktu, lebih baik mengerjakan pekerjaan yang lain.Tapi kalau yang suka masak memasak dan menyakini dia bisa dapat rezeki banyak dari memasak mindsetnya pasti beda. Dia betah banget berada di dapur dan ketika masuk dapur bersih meninggalkan dapur juga dalam keadaan bersih.

tips-menata-peralatan-dapur

Sumber http://www.ideaonline.co.id/var/gramedia/storage/imagesS/idea2013/tips-trik/tips-menata-peralatan-dapur/15357003-1-ind-ID/Tips-Menata-Peralatan-Dapur.jpg

Memiliki dapur yang bersih, nyaman dan cozy untuk berlama-lama di sana memang sesuatu banget ya. Di dapurlah proses sreng sreng, tumis tumis goreng menggoreng juga mengubah bahan mentah jadi sesuatu yang special untuk dinikmati orang orang tercinta.Ini idaman semua Emak, hayoo ngaku iyaa kan !

Ada kepuasan batin tersendiri ketika menghidangkan hasil mengeksekusi bahan yang ada di dapur menjadi sesuatu yang istimewa.  Apalagi dibarengi adanya pujian dari mulut- mulut mungil yang menikmatinya  ( itu sih dulu ketika anak-anak masih kecil). Walau ada yang membantu bersih bersih di rumah saya tetap masuk dapur mengajari si mba bagaimana itu membersihkan kompor dan teman teman setelah selesai masak. Ada rahasianya dong.

Kalau tentang rahasia bagaimana agar dapur tetap kinclong dan bersih saya punya banyak ilmu dari Bundaku sayang. Rahasia yang lain ya saya dapat dari Mbah Google lah lewat jaringan  yang kenceng Dapurku bisa tetap kinclong.

Setiap perempuan yang cerdas pasti punya mindset untuk bisa ngelink ke dapur digital Saya sering penasaran sambil mengingat petuah atau tips dari Bunda  apa benar sih? Ternyata memang banyak tips yang disampaikan Bunda sudah bisa digooling di internet. Walau mungkin sudah pernah tau atau baca, ngga apa-apa saya ingatkan lagi ya  biar nempel di dahi terus diaplikasikan langsung terjun ke dapur.

Saya sendiri paling senang kalau habis masak terus dibersihkan dan melihat dapur dalam keadaan rapih bersih dan cantik. Caranya ya  kita harus bisa memelihara peralatan dapur yang ada supaya tetap kinclong walau sudah dipakai berulang kali bahkan mungkin itu barang warisan dari orang tua. Itu sih saya, ada kompor, wajan, Teflon, Blender Juicer yang sering saya pakai itu warisan dari Bunda yang saya pakai hampir 10 tahun  sedangkan Bunda dah pakai juga lama sekali.

Untuk membersihkan peralatan dapur banyak yang bisa kita lakukan dengan bantuan aneka bahan yang ada di sekitar rumah kita, ada kentang , jeruk nipis atau lemon, tomat, belimbing wuluh,cuka, garam,cola

Inilah fungsi dari bahan bahan tersebut;

  1. Lemon atau jeruk nipis

Jeruk lemon dengan aroma yang menyegarkan bisa untuk membersihkan peralatan dapur. Campurkan saja kulit bekas lemon yang sudah diperas untuk menghilangkan lemak yang ada di peralatan dapur yang kotor karena lemak membandel. Biasanya pada wajan dan panci yang digunakan untuk membuat rendang , kalio atau rawon. Bagian kompor yang berkarat juga bisa dibersihkan dengan lemon, karena sifat asam pada lemon mampu membersihkan karat yang menempel di kompor.

 

  1. Belimbing Wuluh dan air hangat

Belimbing wuluh bisa buat membersihkan noda di keramik dapur atau juga noda yang berkerak pada wajan dan panci. Caranya mudah saja . Oleskan keramik yang bernoda atau wajan yang berkerak diamkan sebentar, setlas itu digosok baru dibilas dengan air hangat. Noda pun akan hilang. Cling.

 

 

  1. Saus Tomat

Saus tomat bukan hanya enak untuk makan siomay atau dicampur di kuah steak. Saus Tomat bisa jadi solusi untuk membersihkan bagian wajan dan panci yang gosong. Karena sifat asam asetat yang bereaksi pada bagian panci yang gosong.Caranya; Bagian yang gosong dilumuri saus tomat lalu diamkan 20-30 menit setelah itu dicuci bersih maka bagian yang gosong sangat mudah dibersihkan dan pancipun kembali cemerlang.

tomat-buah

  1. Kentang dan garam

Kentang goreng yang tersaji di soto ayam memang yummy. Ternyata kentang yang mengandung asam oksalat bisa membantuh memusnahkan karat. Jadi gunakannlah kentang buat membersihkan kompor, rak piring atau peralatan dapur yang terbuat dari logam. Nah caranya; kentang dibelah dua lalu dicelupkan pada butiran garam setelah itu gosokan pada bagian yang berkarat atau kusam. Taraa.. si kusam pun pergi.

 

  1. Asam Jawa dan garam

Asam  jawa bukan saja enak dibuat syrup gula asem tapi bila dicampur dengan garam bisa bermanfaat untuk membersihkan peralatan dapur yang terbuat dari almunium.Kadang peralatan itu kotor ddengan munculnya flek hitam di wajan atau di panci almunium. Asam jawa dan garam bisa membersihkannya dengan cara; campurkan asam dan garam lalu gunakan untuk membersihkan wajan ata panci alumunium yang memiliki flek hitam di sekitar bagian  wajan tersebut.Setelah digosok bilas dengan air bersih maka peralatan itu akan cantik kekbali.

 

 

6. Garam Dapur dan Cuka

Bahan ini berguna buat membersihkan si noda hitam pada dinding. Sering lihat ada noda noda di dindin ya. Nah ngga usah repot ambil saja garam yang sudah dicampur cuka biarkan dululbeberapa menit baru digosok bagian yang noda dengan sikat kalau sudah baru dibilas hingga bersih. Nodapun lenyap dalam sekejap. Cuka juga bisa buat membersihkan peralatan yang terkena noda bumbu kunyit, teh atau kopi

7.Cola

Minuman bersoda ini dengan kandungan asam yangsangat tinggi mampu membersihkan wajan yang gosong karena caramel, menghangatkan sayur sampai kekeringan, atau juga setelah alat digunakan untuk memanggang. Carnya cukup mudah, tuangkan cola ke wajan atau panji yang gosong tadi lalu didihkan di atas kompor dengan api kecil. Perlahan lahan dengan menggunakan spatula kayu kikis perlahan bagian yang gosong hingga terlepas semua bagian yang gosong di wajan atau di panci tersebut.

Emak ini salah satu nyamannya hidup di dunia enternet. Kita banjir informasi. Mau tanya apa saja si Mbah Google pasti bisa jawab. Masalahnya mau dipraktekkan atau tidak., itu urusan nanti.

Penulis: astutianamudjono

I am a teacher, motivator, blogger who try sharing and growing together.

24 thoughts on “Tip Perawatan Dapur dan Pernak-Perniknya

  1. Alhamdulillah ini hasil arisan ilmu ke dua bersama Mak Blogger Solo dengan memberi materi yang super Mak Cartolina Ratri. Mencoba berani menulis sesuai dengan pelajaran yang didapat

  2. Wwiiih tipsnya keren utiii.. Saya baru tau ih.. Harus dicatat nih.. 🙂

  3. Uty, saya baru tahu yang saos tomat dan kentang…
    Tips makasih Uty.

  4. Infonya bagus bgt…keren uti

  5. Wah terimakasih infonya 😊 segera meluncur ke dapur untuk mencoba

  6. Makasih uti infonya.. ciba diparktekin… hehe

  7. Waah bermanfaat banget tipsnyaa utii, paling susah tuh selama ini ngilangin gosongnya pantat panci. Digosok kok ya nanti jebol, ga digosok kok ya ga oke amat. Nyoba pake saos tomat deh nanti.

  8. Wah komplit nih kiat nya uti

  9. Wah, ternyata bahan- bahan itu biasa ada di dapur jadi mudah di dapat. Nggak ada alasan lagi perabotan bandel dicuci.
    Makasih sharingnya uti.

  10. Wah, ternyata bahan- bahan itu biasa ada di dapur jadi mudah di dapat. Nggak ada alasan lagi perabotan bandel dicuci.
    Makasih sharingnya uti.

  11. Mau praktekkan yang kentang dan garam, ada teflonku dan wadah untuk baking berkarat, sedih ih 😦 semoga bisa hilang dengan pakai kentang dan garam.
    Tfs utii

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s