Sri Sugiastuti gurujalanjalan

Berjuang Menggapai Ridho ALLAH di Dunia & Akhirat

Wisata Air di Umbul Ponggok & Tips Aman Selama Menikmatinya

25 Komentar

 

Hi… ! Kali ini  Uti mau bikin penasaran buat pembaca yang belum pernah menikmati wisata air di umbul Ponggok. Uti meyakini bahwa wisata air ini jadi andalan banyak orang yang punya hobi berenang dan menyelam. Wisata ini juga bisa jadi pilihan sekaligus jadi salah satu tempat refreshing yang murah meriah dan menyehatkan. Pastinya kebayang dong seperti apa kira-kira tempatnya. Kalau sudah ada yang pernah kesana berharapnya tulisan ini bisa jadi mengingat nostalgia terindahmu di obyek wisata air ini, atau mungkin ingin mengenangnya kembali.

dscn1940

Suasana pagi hari di umbul Ponggok Klaten

Mau cerita dari awal dulu ya. Akung sama Uti berencana dari Solo ke Jogya  boncengan naik ngeng-ngeng roda dua. Modus banget Solo Jogya melewati Klaten arah barat, melesat sampai obyek wisata Umbul Ponggok. Kenapa bisa begitu jegleg banget dan buang waktu. Tidak lah yauwwh. Ini obat penasaran Akung dan Uti setelah 30 tahun tidak pernah mengunjungi Umbul Ponggok. Apalagi setelah direnovasi dan dikelola secara professional oleh Pemda Klaten.

Uti seakan ngga percaya. Ternyata yang Uti lihat di  situs internet benar adanya. Wisata air umbul Ponggok sangat ruar biasa. Ada wahana untuk yang hobi snorkeling dan juga diving. Umbul Ponggok ini kedalamannya  kurang lebih 2-2,5 meter. Ini  sangat ideal buat berenang dan menyelam. Kalau untuk pemula ngga perlu khawatir ada pelampung sebagai alat bantu. Karena airnya yang jernih, segar  dan dingin pastinya asyik banget berlama-lama di umbul itu. Dengan menyelam kita bisa  melihat dasar umbul yang dipenuhi bebatuan lumut dan ikan sangat jelas.

dscn1941

Kayaknya sudah ngga sabar nih ingin segera nyemplung

 Wuihhh ternyata banyak ikan hias air tawar yang cantik dan gagah yang menemani kita saat berenang atau sekedar bermain air di pinggir umbul. Mereka sangat bersahabat loh dan seneng selfie juga kata para penyelam yang sudah merasakan sensasi berenang dan menyelam di umbul Ponggok.

Umbul Ponggok yang berada di desa Ponggok, kecamatan Polandia eh Polanharjo Klaten Jawa Tengah ini sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Jadi waktu zaman kita dijajah Belanda pun, umbul ini sudah difungsikan untuk pengairan perkebunan dan pertanian. Klaten dan Delanggu yang letaknya di bawah kaki gunung Merapi dan Merbabu ini memang terkenal subur makmur.

Untuk bisa sampai ke lokasi wisata air umbul Ponggok kita bisa menggunakan kendaraan pribadi, sepeda motor, andong, atau carter mobil. Tapi karena minimnya petunjuk arah untuk menuju lokasi, maka bagi yang belum pernah datang ke umbul Ponggok maka harus rajin bertanya atau gunakan GPS dan google maps biar tidak tersesak terlalu jauh karena jalannya yang keluar masuk desa dengan pemandangan sawah yang menghijau. Kita bisa dari arah Boyolali, Delanggu, atau Jogya

dscn1944

Selfie di pinggir umbul Ponggok karena niatnya survey biar ngga penasaran

Untuk bisa sampai ke lokasi wisata air umbul Ponggok kita bisa menggunakan kendaraan pribadi, sepeda motor, andong, atau carter mobil. Tapi karena minimnya petunjuk arah untuk menuju lokasi, maka bagi yang belum pernah datang ke umbul Ponggok maka harus rajin bertanya atau gunakan GPS dan google maps biar tidak tersesak terlalu jauh karena jalannya yang keluar masuk desa dengan pemandangan sawah yang menghijau. Kita bisa dari arah Boyolali, Delanggu, atau Jogya.

Harga tiket masuk ke umbul Ponggok waktu itu hanya 8000 rupiah di hari biasa, 10.000 di hari minggu dan libur, parkir sepeda motor 2000 rupiah, parkir mobil 4000 rupiah. Mungkin sekarang sudah beda lagi tarifnya. Nah kalau untuk kulinernya, ada banyak warung makan yang menyediakan menu masakan jawa ada soto, pecel, kare, oseng oseng dengan lauk yang cukup beragam, tahu ,tempe, telor asin, ayam goreng, lele, nila dan teman temannya deh. Harganya juga dijamin terjangkau.

dscn1939

waktu yang paling tepat ke umbul Ponggok ya pagi hari

Sebenarnya umbul Ponggok itu seperti apa sih? Pengen tau dong. Detailnya tuh umbul ini pada bagian dasar umbul didominasi pada bagian dasar umbul didominasi oleh bebatuan, lumut, dan pasir layaknya seperti dasar laut tapi airnya tawar. Di umbul Ponggok hidup berbagai jenis ikan hias air tawar yang cukup banyak. Ikan-ikan ini sangat bersahabat loh mereka bisa action juga kalau mau difoto. Jangan dikira karena banyak ikan di dalam umbul tersebut lalu airnya jadi amis layaknya di kolam ikan. Air di umbul itu justru dingin, jernih dan menyehatkan, karena air terus keluar dengan deras dari sumber mata air dan mengalir ke sungai yang ada di sekitar umbul. Jadi sudah pastinya airnya fresh terus dan selalu berganti.

Semakin penasaran ya? Udah buruan aja di jadwalkan kapan mau berkunjung ke umbul Ponggok. Fasilitas yang disediakan untuk snorkeling dan menyelam juga sudah disediakan, kolam kecil untuk anak anak juga ada, kamar mandi, mushola, warung makan yang ada di dalam komplek umbul lumayan lengkap. Mau berselfie ria di dalam air bersama ikan ikan juga siap. Pokoknya bermodal niat, sehat, sempat jugm kocek yang ngga terlalu mahal akan terwujid wisata indah dan berkesan ini.

Biar tambah afdol tulisan ini boleh dong Uti tambahkan beberapa tips ketika menikmati wisata air di umbul Ponggok.

  1. Bawa baju ganti.

Lah iya lah. Mau main air, mau berenang dan berselfie di dalam air perlengkapan baju dan lain-lainnya harus disiapkan. Walau disana disediakan juga sih kalau mau beli mendadak. Tapi kan sayang kalau harus keluar uang lagi hanya untuk membeli baju ganti. Tapi kalau mau selfie aja dan memakai baju yang disewakan sama pengelola bisa juga sih tentunya ada biaya tambahan untuk itu.

  1. Fisik yang sehat.

Ini jadi syarat mutlak buat orang yang suka dengan wisata air yang langsung inginnya terjun langsung berenang dan suka berlama-lama di dalam air. Kalau kondisi fisik tidak prima. Ujung-ujungnya bukan fresh malah keok atau tepar. Karena umbul ini cukup dalam jadi harus bisa bereng. Kalau belum bisa ada pelampung juga pendamping kalau memang punya keinginan foto di dalam air.

  1. Warming Up/Pemanasan

Berenang atau sekedar bermain air di umbul yang airnya dingin itu perlu pemanasan. Suhu badan yang tadinya panas bila tiba-tiba langsung nyemplung ke umbul bisa menyebabkan kram.  Kram itu musuh kita di dalam air. Kalau tidak bisa mengatasi akan fatal akibatnya. Maka perlu warning up untuk menghindarinya.

  1. Jangan malu minta pertolongan.

Kadang tanpa kita sadari sering ya merasa PD banget ketika berada di dalam air. Padahal berenang dan menyelam itu perlu keahlian. Jangan samapai karena kepedean dan mau selfie malu minta tolong padahal ngga kuat nahan nafas dan hampir kemasukan air hidungnya.

  1. Tetap waspada

Ketika kita memutuskan untuk berenang dan menyelam di umbul yang cukup dalam. Keselamatan diri kita dan orang lain harus dijaga. Ini harus jadi pertimbangan utama. Walaupun jago renang dan menyelam jangan sekali kali menyepelekan keselamatan. Kita yang bisa mengukur kemampuan kita untuk tetap waspada.

dscn1945

Sebelum lanjut ke Jogya, selfie dulu ya sama mas Hubby

Uti sudah kasih tips ya. Sekarang Uti mau lanjutkan perjalanan ke Jogya nih dengan membawa rencana suatu hari mau ke umbul Ponggok  mengajak anak cucu. Tadi Uti cuma mampir sejenak dan survey kecil kecilan di sekitar umbul Ponggok.

Memori Uti akhirnya membandingkan suasana umbul Ponggok 30 tahun lalu dengan riuh ramainya antara ibu-ibu yang mencuci baju di umbul berbaur dengan anak-anak yang berenang riang gembira

Sekarang umbul Ponggok sudah dikelola dengan baik bisa untuk tandingan snorkeling air tawar ala snorkeling Bunaken.

 

Penulis: astutianamudjono

I am a teacher, motivator, blogger who try sharing and growing together.

25 thoughts on “Wisata Air di Umbul Ponggok & Tips Aman Selama Menikmatinya

  1. Belom pernah ke ponggok, kayaknya seru snorkling bawah airnya. Pernah nya cuma ke pengging dulu

  2. Hahaha…ada Polandia di Klaten. Saya sudah mimpi pengen kesana tii.. Tapi mau latihan berenang sama anak2 dulu ah..biar mantap.

  3. Aku kalo ke Ponggok yang sekarang entahlah selalu keinget Ponggok 28tahun lalu yg berlumut dan ah ya gitu, jadinya males nyebur 😦
    Akhirnya lebih milih nyemplung ke Umbul Cokro hihihi

  4. Cantik banget foto fotonya mba, tiketnya juga ga mahal mahal amat ya..

  5. Ah uti asyiknya jalan2 terus..btw kalo bawa anak kecil kesana aman ga uti? Pengen ngajak Narend kesana…

  6. Asyiknya uti bs jalan2 terus
    Kalo kesana bawa anak kecil aman nggak uti?
    Prngen ngajak Narend kesana.

  7. Weh, seru berenang dengan ikan. Nggak ada istilah kolam cendol kayaknya yah, lah isinya banyak ikannya…. Suatu hari mampir deh ke sini….

  8. Sering jalan2 sekitar ponggok. Tapi malah blum pernah sama sekali kemari

  9. wah segernay apalagi kalau nyemplung ek da;lam air

  10. seneng nih..baca..tempat wisata beginian.. apalagi alamnya sejuk..ngebaca serasa berada disana..uti semangat ngeblognya yahud…. jadi bikin semangat juga..

  11. pengen nyoba maen kesana Wisata,,seru banget kelihatannya
    kalau ke jogja jangan lupa kunjungi kami Rental Mobil Jogja

  12. wah cantiknya pemandangannya,,pengen keliling semua Lauwba

  13. bagus bu kalau dr kota jogja brpa jma ya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s