Sri Sugiastuti gurujalanjalan

Berjuang Menggapai Ridho ALLAH di Dunia & Akhirat

Masa Depan Profesi Menulis

Tinggalkan komentar

_Oleh: Sri Sugiastuti_

Sudah kah Anda dapat bukti ada banyak orang sukses karena menulis buku? Atau orang yang sudah sukses lalu menulis buku? Konon menulis buku cara paling efektif adalah melipatgandakan kesuksesan.

Yang jadi pertanyaan siapkah Anda punya buku sendiri? Silakan dijawab, jadikan PR, atau cukuplah direnungkan saja. Pernahkah Anda mendengar istilah writerprenuer.”? Mereka biasanya disebut sebagai penulis lepas. Punya posisi mandiri.

Mengapa Masa depan profesi menulis perlu Anda ketahui sehingga profesi menulis menjadi pilihan utama. Ini fakta menariknya. Penulis itu tidak terkait kontrak kerja dari lembaga, perusahaan atau organisasi manapun. Penulis ini memiliki posisi merdeka.

Penulis lepas itu tidak tertekan, tidak dikejar _deadline_ , meskipun begitu ia punya jadwal kerja, target kerja yang ia buat sendiri secara jelas.

Artinya apa? _Ia bisa menjalankan profesi menulis ini dengan menyenangkan. Awet muda, banyak teman dan selalu berpikir positif_

Nah, jika menggunakan kaca mata profesi _Cashflow Quadrantny Robert Kiyosaki_ , profesi semacam ini masuk dalam Quadrat S ( _self employ_ ), artinya ia kerja untuk dirinya sendiri sebagai profesional.

Membaca paparan di atas pasti menggiurkan, berbahagia lah Anda bila punya passion menulis, mimpi Anda untuk menjadi orang sukses sudah di depan mata, tinggal lakukan, 3M, Menulis, Menulis menulis.

Beberapa pekerjaan yang dilakukan oleh Penulis Lepas:

1. Menulis buku sendiri dan diterbitkan sendiri ( _Self Publishing_ ) kerja sama dengan Penerbit.
2. _Blogger_ , menulis konten yang ia sukai.
3. Penulis artikel di media massa, portal berita bukan sebagai jurnalis, tapi sebagai koresponden.
4. _Ghostwriter_ , membantu orang lain menulis buku dengan jasa ketiknya.

Pekerjaan penulis lepas yang mungkin saja bisa menjadi rekomendasi teman-teman semua, jika ingin menekuni pekerjaan-pekerjaan tersebut dalam bidang penulisan, yaitu Menulis Buku. lalu ciptakan personal branding Caranya bagaimana? Jangan lelah untuk mengupgrade diri terus lah belajar dengan penuh semangat.

Tulisan ini terinspirasi dari belajar menulis online baik yang gratisan maupun berbayar. Saya pribadi sering tergoda dengan yang gratis padahal ujung-ujungnya tetap diarahkan untuk gabung dan berbayar. Jelas semua ada plus minusnya. Bisa sukses bisa gagal, semua kembali ke niat juga seberapa serius Anda berkomitmen dengan keputusan yang sudah diambil.

Salam Literasi penuh cinta

Penulis: astutianamudjono

I am a teacher, motivator, blogger who try sharing and growing together.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s