Sri Sugiastuti gurujalanjalan

Berjuang Menggapai Ridho ALLAH di Dunia & Akhirat


2 Komentar

Yuk, Ngobrol Bareng Tempo.co Tentang Fintech Lending

Saat ini berseliweran tawaran pinjaman instan lewat SMS. Bagaimana Anda menyikapinya? Kalau kita sedang butuh uang atau ada bisnis yang menjanjikan atau biasa gali lubang tutup lubang wah tawaran itu sangat menggiurkan. Tetapi waspada lah. Bisa saja tawaran itu jebakan.

Ngobrol bareng Tempo.co dan OJK membuka mata dan pikiran tentang merebaknya bisnis baru dengan nama Fintech. Acara Ngobrol Tempo Tentang Manfaat Ekonomi Fintech Lending ini berlangsung di La Taverna Cafe & Resto, tempat yang lumayan cozy buat ngobrol sekaligus ngabuburit jelang berbuka puasa. Acara yang berlangsung agak molor dari jadwal yang direncanakan pukul 15.00 melibatkan  beberapa blogger, media dan tentunya para pengusaha kecil dan menengah atau UMKM.

Membaca backdrop yang terpampang dengan tema “Manfaat Ekonomi Fintech Lending, membuat saya menduga-duga kira-kira tentang apa ya . Jujur saya masih sangat awam dengan istilah Fintech Lending. Niat tolabul ilmi tentang technology mengajak sayaduduk manis   mengikuti acara ngobrol bareng ini, Alhamdulillah tambah wawasan dan jadi ingin berbagi.

Acara Ngobrol ini dipandu oleh moderator yakni Bapak Tommy Aryanto , Direktur Tempo.Co . Selain itu juga hadir beberapa narasumber yang berbagi cerita Tentang Manfaat Ekonomi Fintech Lending, ada Bapak Munawar (Deputi Direktur Pengaturan, Penelitian, dan Pengembangan Fintech). Kemudian Bapak Irawan Tri Nugroho, Akademisi UNS dan Bapak Sonny Ch Joseph, CEO & Founder Batumbu (Salah satu FIntech yang terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan) yang lebih membantu ke pengembangan industri kecil menengah yang produktif).

Fintech adalah lembaga keuangan online yang memanfaatkan celah adanya kebutuhan masyarakat akan dana pinjaman karena perbankan tidak bisa melayani secara instan. Bermunculan lah berbagi aplikasi atau startup yang memfasilitasi kebutuhan masyarakat yang membutuhkan. Itu salah satu manfaat dan simpelnya meminjam uang via fintech. Tetapi harus waspada karena ada fintech ilegal yang siap mengecoh bahkan bermodus penipuan. Pak Munawar dengan gamblang dan cetar menjelaskan prose lahirnya fintech lending dengan kemajuan juga plus minusnya. Termasuk adanya Fintech illegal yang salah satunya ya, modul lewat SMS berbagai kemudahan meminjam uang.

Bagaimana fintech ilegal ini bisa mendapatkan data atau nomer hape Anda? Itu lah kehebatan teknologi dan mbah Google, Mereka bisa mengakses data yang Anda miliki bila Anda tidak hati-hati. Banyak jebakan ketika Anda mengunduh aplikasi lalu memint data Anda. Itu lah saatnya Anda waspada.

Anda harus cermat bahwa fintech yang resmi dilindungi atau dijamin oleh OJK. Jadi baik Anda sebagai peminjam atau pun yang meminjamkan memiliki resiko yang tidak terlalu besar dibandingkan dengan fintech yang belum terdaftar.

Bila Anda punya dana dan ikut bisnis di fintech ini sangat menjanjikan mendapat keuntungan yang besar tetapi risikonya juga besar. Ini bisnis kepercayaan tanpa anggunan. Jadi pikir dulu ya sebelum investasi.

Hasil ngobrol sore kemarin ada beberapa fitech yang melayani UMKM mendapatkan fresh money. Ada BATUMBU, cashmoney, Adakita, adakami, juga pinjam duit.  Mereka sudah memiliki banyak nasabah bahkan berkembang dengan seringnya repeat order.

Merebaknya bisnis ini diharapkan konsumen bisa menggunakan Fintech dengan bijak dan Fintech yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan atau OJK. Saat ngobrol bareng bersama tempo.co, diinfokan bahwa sementara ini hanya ada 113 perusahaan resmi yang terdaftar di OJK. Sedangkan ada 947 yang Ilegal.

Pemerintah sudah menyediakan payung hukum untuk perlindungan konsumen, Fintech Lending yang legal dan terdaftar di OJK hanya boleh mengakses data camera , location dan microphone. Perlu diingat, ada aturan yang mengatur tentang fintech, yang diatur di Peraturan OJK 77/2016. Tertera di peraturan itu  dengan larangan larangan penyelenggara terdapat di pasal 43.

Intinya acara ngobrol bareng ini untuk mengedukasi masyarakat dan menghidupkan startup dan  memberdayakan ekonomi masyarakat. Bagaimana masyarakat yang punya peluang dan bisnis bisa maju pesat. Bagaimana Anda menyikapi fenomena itu? Silakan bertindak secara cermat, jangan sampai Anda terjebak jadi konsumtif, ngumbar nafsu karena mudahnya mendapat pinjaman. So be careful


22 Komentar

Tips Belanja di Pasar Tegalgubug Cirebon

Awalnya ngga sengaja untuk bisa jalan-jalan ke Jawa Barat  khususnya Cirebon dan sekitarnya. Sebenarnya pemicunya tuh kata kunci “Tegalgubug” yang konon jadi sentra pasar sandang terbesar se Asia Tenggara. Jadi penasaran nih.. apa benar kata mbah Google.

Selain itu saya juga penasaran sama kota Cirebon. Perasaan saya Cirebon dari mulai saya indil-indil sampai ondol ondol kerap kali dilewati baik ketika naik kereta api Jakarta Solo PP maupun naik si roda empat. tapi ngga pernah singgah . Kebetulan ngga punya sanak family di kota udang itu.

“ Kung ayo kita dolan ke Cirebon dan sekitarnya sambil kita buktikan apa kata Mbah Google tentang Tegal Gubuk yang membumi itu.”.. Si Akung mah oke-oke aja. Maklum sudah pensiun, sudah saatnya menikmati hari tuanya sambil menghibur hati.

Singkat cerita kami dah pegang tiket  Kereta  Jaka Tingkir Solo-Cirebon. PP lumayan ada di tarif terendah. Ini  traveling  semi backpackeran. Belum tau mana yang mau dituju ikuti aja apa kata hati. Saya Cuma ingin ke Tegalgubug, Kuningan dan Gua Sunyarungi.

Kami berangkat sore hari dari stasiun Purwosari dan tengah malam jelang dini hari sampai di Stasiun Cirebon Perujakan. Weleh saking penasaran dengan pasar Tegalgubug, saya belain carter angkot Rp. 150.000,- untuk bisa sampai ke pasar Tegalgubugp katanya pasar ini ramai di hari Sabtu dan Selasa. Ternyata keadaan pasar Tegalgubug ngga seheboh yang saya bayangkan. Lah saya sampai di sana dini hari, suasana sepi. Pasar itu juga becek karena habis hujan.

Pasar ini tepatnya terletak di kelurahan Tegalgubug kecamatan Arjawinangun Cirebon. Pantas saja dikatakan sebagai pasar sandang terbesar di Asia Tenggara. Saya yang datang dini hari masih dalam keadaan belum terlalu ramai bisa melihat betapa luasnya pasar tersebut.

Si Akung capek kali ya,  dia pilih nunggu di warung kopi . Saya  masih  semangat , walau becek  dah niat sih  pengen   membandingkan harga dan barang yang ada di Tegalgubuk dan di Solo saya jalanin. Saya meleawati beberapa lapak yang dibuat ala kadarnya dan menanyakan beberapa harga baju yang mereka jual. Mungkin mereka kira saya ngga ngeri tentang harga dan kualitas baju ya. Jadi mereka kasih harga sesukanya. Jujur saya kecewa “ Yahh ngga seasyik yang saya bayangkan.

berita-cirebon-omset-miliaran-setiap-hari-pasaran-namun-kondisi-pasar-tegalgubug-terkesan-kumuh

Sumber: http://www.cirebontrust.com/

Jujur saya sedikit kecewa dengan kenyataan yang saya lihat. Tapi untuk menghilangkan kekecewaan saya tetap ada yang saya beli dari pasar Tegalgubug berharap ke depannya bisa punya langganan dan jadi mitra bisnis fashion saya.

Nah untuk yang ingin mencoba bisnis baju murah produk pasar Tegalgubug saya mau kasih tips nih semoga bermanfaat ya. Ini sudah saya praktekin loh.

  1. Survey dulu ya. Survey ini penting supaya mendapatkan informasi yang terbaik sesuai dengan pangsa pasar kita baik untuk harga model dan tata cara pemesanan termasuk pengiriman dan pembayaran
  2. Bila sudah dapat tempat pilihan yang cocok dan sreg dengan tata caranya. Maka pilih lah mitra bisnis yang memberi pelayanan prima misalnya untuk pengiriman dan pengembalian barang yang rusak atau catcat.
  3. Setelah mengadakan transaksi bila yang pertama dengan datang langsung bisa buat perjanjian walau tidak tertulis bahwa barang yang sudah dikirim akan dicek lagi dan bila ada yang tidak sesuai bisa dikembalikan.
  4. Sebelum menentukan pilihan untuk belanja baik offline atau online pastikan bahwa barang yang dibeli bakal laris manis, dan tau persis kualitas bahannya nyaman dipapakai, termasuk juga jahitan dan modelnya masih ngetrend.

Bagaimana sudah kebayang belum apa yang saya ceritakan tadi? Intinya saya ngga penasaran lagi dengan pasar Tegalgubug dan akhirnya saya sempat nelanja offline untuk pertama kali di pasar Tegalgubug dan mungkin yang terakhir kali. Mengingat jaraknya jauh dan berat diongkos kemudian kualitas barangnnya tidak seperti yang saya bayangkan.

Begitu juga dengan belanja onlie di pasar Tegalgubug. Saya terkecoh dengan gambar yang tidak dijelaskan secara detail. Memang sih harganya murah, tapi kalau memasarkannya lambat, lebih baik tidak bertransaksi lagi secara online.

Jadi itu sekilas kesan saya tentang pasar Tegalgubug. Oh ya saya Cuma sekitar satu jam di pasar Tegalgubug setelah itu saya langsung nyegat bus jurusan Cirebon dan lanjut ke Kuningan.

DSCN2238

Sisi lain setelah pulang dari Tegalgubug dapat rumah singgah dengan view yang cantik plus udara yang sejuk


24 Komentar

Tip Perawatan Dapur dan Pernak-Perniknya

Hi, Emak …Masih ingat ngga dengan istilah “Dapur  dan  kamar mandi adalah  cerminan kepribadianmu” konon bisa disimpulkan kalau dapurnya kinclong berarti kepribadiannya juga kinclong suka yang bersih dan lumayan perfect.Begitu juga sebaliknya. Tapi karena banyak faktor yang menyebabkan dapur bisa tetap kinclong jadi istilah itu tidak seratus persen benar.

114

Sumber https://fadiahnurannisa.files.wordpress.com/2014/01/114.png (Dapur penuh dengan perlengkapan masak)

Banyak loh  orang yang mengeluh bila terlalu lama di dapur atau menyellesaikan pekerjaan yang ada hubungannya dengan dapur. Mereka beranggapan pekerjaan dapur menyita banyak waktu, lebih baik mengerjakan pekerjaan yang lain.Tapi kalau yang suka masak memasak dan menyakini dia bisa dapat rezeki banyak dari memasak mindsetnya pasti beda. Dia betah banget berada di dapur dan ketika masuk dapur bersih meninggalkan dapur juga dalam keadaan bersih.

tips-menata-peralatan-dapur

Sumber http://www.ideaonline.co.id/var/gramedia/storage/imagesS/idea2013/tips-trik/tips-menata-peralatan-dapur/15357003-1-ind-ID/Tips-Menata-Peralatan-Dapur.jpg

Memiliki dapur yang bersih, nyaman dan cozy untuk berlama-lama di sana memang sesuatu banget ya. Di dapurlah proses sreng sreng, tumis tumis goreng menggoreng juga mengubah bahan mentah jadi sesuatu yang special untuk dinikmati orang orang tercinta.Ini idaman semua Emak, hayoo ngaku iyaa kan !

Ada kepuasan batin tersendiri ketika menghidangkan hasil mengeksekusi bahan yang ada di dapur menjadi sesuatu yang istimewa.  Apalagi dibarengi adanya pujian dari mulut- mulut mungil yang menikmatinya  ( itu sih dulu ketika anak-anak masih kecil). Walau ada yang membantu bersih bersih di rumah saya tetap masuk dapur mengajari si mba bagaimana itu membersihkan kompor dan teman teman setelah selesai masak. Ada rahasianya dong.

Kalau tentang rahasia bagaimana agar dapur tetap kinclong dan bersih saya punya banyak ilmu dari Bundaku sayang. Rahasia yang lain ya saya dapat dari Mbah Google lah lewat jaringan  yang kenceng Dapurku bisa tetap kinclong.

Setiap perempuan yang cerdas pasti punya mindset untuk bisa ngelink ke dapur digital Saya sering penasaran sambil mengingat petuah atau tips dari Bunda  apa benar sih? Ternyata memang banyak tips yang disampaikan Bunda sudah bisa digooling di internet. Walau mungkin sudah pernah tau atau baca, ngga apa-apa saya ingatkan lagi ya  biar nempel di dahi terus diaplikasikan langsung terjun ke dapur.

Saya sendiri paling senang kalau habis masak terus dibersihkan dan melihat dapur dalam keadaan rapih bersih dan cantik. Caranya ya  kita harus bisa memelihara peralatan dapur yang ada supaya tetap kinclong walau sudah dipakai berulang kali bahkan mungkin itu barang warisan dari orang tua. Itu sih saya, ada kompor, wajan, Teflon, Blender Juicer yang sering saya pakai itu warisan dari Bunda yang saya pakai hampir 10 tahun  sedangkan Bunda dah pakai juga lama sekali.

Untuk membersihkan peralatan dapur banyak yang bisa kita lakukan dengan bantuan aneka bahan yang ada di sekitar rumah kita, ada kentang , jeruk nipis atau lemon, tomat, belimbing wuluh,cuka, garam,cola

Inilah fungsi dari bahan bahan tersebut;

  1. Lemon atau jeruk nipis

Jeruk lemon dengan aroma yang menyegarkan bisa untuk membersihkan peralatan dapur. Campurkan saja kulit bekas lemon yang sudah diperas untuk menghilangkan lemak yang ada di peralatan dapur yang kotor karena lemak membandel. Biasanya pada wajan dan panci yang digunakan untuk membuat rendang , kalio atau rawon. Bagian kompor yang berkarat juga bisa dibersihkan dengan lemon, karena sifat asam pada lemon mampu membersihkan karat yang menempel di kompor.

 

  1. Belimbing Wuluh dan air hangat

Belimbing wuluh bisa buat membersihkan noda di keramik dapur atau juga noda yang berkerak pada wajan dan panci. Caranya mudah saja . Oleskan keramik yang bernoda atau wajan yang berkerak diamkan sebentar, setlas itu digosok baru dibilas dengan air hangat. Noda pun akan hilang. Cling.

 

 

  1. Saus Tomat

Saus tomat bukan hanya enak untuk makan siomay atau dicampur di kuah steak. Saus Tomat bisa jadi solusi untuk membersihkan bagian wajan dan panci yang gosong. Karena sifat asam asetat yang bereaksi pada bagian panci yang gosong.Caranya; Bagian yang gosong dilumuri saus tomat lalu diamkan 20-30 menit setelah itu dicuci bersih maka bagian yang gosong sangat mudah dibersihkan dan pancipun kembali cemerlang.

tomat-buah

  1. Kentang dan garam

Kentang goreng yang tersaji di soto ayam memang yummy. Ternyata kentang yang mengandung asam oksalat bisa membantuh memusnahkan karat. Jadi gunakannlah kentang buat membersihkan kompor, rak piring atau peralatan dapur yang terbuat dari logam. Nah caranya; kentang dibelah dua lalu dicelupkan pada butiran garam setelah itu gosokan pada bagian yang berkarat atau kusam. Taraa.. si kusam pun pergi.

 

  1. Asam Jawa dan garam

Asam  jawa bukan saja enak dibuat syrup gula asem tapi bila dicampur dengan garam bisa bermanfaat untuk membersihkan peralatan dapur yang terbuat dari almunium.Kadang peralatan itu kotor ddengan munculnya flek hitam di wajan atau di panci almunium. Asam jawa dan garam bisa membersihkannya dengan cara; campurkan asam dan garam lalu gunakan untuk membersihkan wajan ata panci alumunium yang memiliki flek hitam di sekitar bagian  wajan tersebut.Setelah digosok bilas dengan air bersih maka peralatan itu akan cantik kekbali.

 

 

6. Garam Dapur dan Cuka

Bahan ini berguna buat membersihkan si noda hitam pada dinding. Sering lihat ada noda noda di dindin ya. Nah ngga usah repot ambil saja garam yang sudah dicampur cuka biarkan dululbeberapa menit baru digosok bagian yang noda dengan sikat kalau sudah baru dibilas hingga bersih. Nodapun lenyap dalam sekejap. Cuka juga bisa buat membersihkan peralatan yang terkena noda bumbu kunyit, teh atau kopi

7.Cola

Minuman bersoda ini dengan kandungan asam yangsangat tinggi mampu membersihkan wajan yang gosong karena caramel, menghangatkan sayur sampai kekeringan, atau juga setelah alat digunakan untuk memanggang. Carnya cukup mudah, tuangkan cola ke wajan atau panji yang gosong tadi lalu didihkan di atas kompor dengan api kecil. Perlahan lahan dengan menggunakan spatula kayu kikis perlahan bagian yang gosong hingga terlepas semua bagian yang gosong di wajan atau di panci tersebut.

Emak ini salah satu nyamannya hidup di dunia enternet. Kita banjir informasi. Mau tanya apa saja si Mbah Google pasti bisa jawab. Masalahnya mau dipraktekkan atau tidak., itu urusan nanti.


3 Komentar

Tradisi Orang Betawi Pergi Haji

1. TRADISI ORANG BETAWI PERGI HAJI

Ya Allah ya Robbi
Cari untung yang lebi
Biar bisa pegi haji
Jiarah kuburan nabi nabi

Catatan hati saya menuju tanah suci akan diawali dengan masa kecil saya di tahun 1960 an dan tradisi orang Betawi pergi haji. Tentu ada alasannya. Sungguh bagi saya tradisi ini sebagai motivasi awal betapa saya ingin menjadi tamu Allah. Orangtua saya berasal dari Solo tapi kami tinggal di lingkungan orang Betawi. Kami sebagai pendatang mendapat julukan orang Jawa kowek yang ngendon di Jakarta. Orang Betawi walau kadang bicaranya nyelekit pada prinsipnya mereka sangat baik kebanyakan dari mereka memiliki sifat ikhlas dan tidak kikir.

Konon kata “Betawi” itu plesetan dari nama Batavia kota yang berada di pinggir teluk Jakarta. Ada juga yang mengatakan Betawi itu berasal dari kata “Bataav”. Sedangkan yang lebih konyol lagi ada yang mengatakan bahwa kata “ Betawi “ berasal dari “mambet tahi” yang artinya bau kotoran. Hal ini berdasarkan kisah perang yang dialami antara antara pasukan Mataram dan Kompeni berperang. Karena sisa kompeni tinggal beberapa orang persediaan peluru juga sudah menipis, salah satu dari Kompeni itu mengambil kotoran manusia lalu memasukkan ke dalam panci, lalu kotoran tersebut dilemparkan kepada pasukan Mataram yang berada di luar tembok sehingga mereka menjauh dan berteriak “Mambet tahi” !, Mambet tahi! Sejak itu Batavia sering disebut Betawi.

Keluarga kami bergaul dengan orang Betawi dengan baik. Kehidupan dan tradisi orang Betawi sangat mewarnai masa kecil saya. Hampir semua tradisi yang ada di Betawi bisa saya amati. Ada tradisi pernikahan, khitanan, kematian, kelahiran, ajang silahturahmi, makanan khas, mencari hiburan dan juga ritual keagamaan orang Betawi yang sangat agamis ikut mewarnai kehidupanku dalam beragama.
Saya masih ingat ketika di siang hari tetangga kami datang ke rumah. Kebetulan Ibu tidak ada jadi saya yang menemuinya.
“Salamualaikum. Ibu ade Neng,?” terdengar suara seorang perempuan memasuki teras rumah.
“ Ibu belum pulang Nyak Haji,”jawab saya spontan.
“Oh. Tolong sampein aje ye Neng, minggu depan diajak nonton penganten. Si Dijeh anak perawan nyak Haji udeh ketemu jodonye.”
“Iye Nyak Haji, ntar aye sampein. Nanggap orkes melayu apa layar tancep Nyak Haji?” Tanya saya ingin tahu.
“Orkes Melayu. Pan calon lakinye Dijeh emang demen banget orkes Melayu,”jelas nyak Haji

Masa kecil hingga masa remaja saya memang kental tradisi yang ada di Betawi. Saya juga larut dengan kegiatan agama yang sering diadakan oleh kelompok atau majlis ta’lim yang ada di sekitar rumah. Saya sering ikut ibu saya atau tetangga sebelah rumah yang asli orang Betawi menghadiri banyak pengajiaan yang diadakan pada tiap perayaan hari besar umat Islam. Moment Maulid Nabi, Isra Mi’raj, Nuzurul Quran, atau perayaan lain dimana sering mendatangkan ustadz dan ustadzah ternama saat itu seperti Habib Umar, Habib Abdullah Syafei ayah dari Ustadzah kondang Tuty Alawiyah, dan juga Ustadzah Royani

Siang hari kesibukan di setiap rumah akan tampak. Begitu juga dengan kesibukan di masjid tempat diadakannya perayaan. Mereka sibuk menghias masjid dan menata tempat yang akan digunakan untuk perayaan malam itu. Semua bersemangat sehingga terlihat kerukunan di antara warga dan jamaah pengajian itu.
“Udeh beres semua kan! Konsumsi sama perlengkapan lain dah siap belon,?”tanya Bang Dullah salah satu pengurus masjid itu.
“ Lah udeh rapi jali Bang. Inshaallah tar malem ngga ujan jadi yang datang banyak dan meriah.”
“Amin.” Serentak yang sedang duduk menghias podium mengamini.

Perayaan hari besar Islam jadi agenda yang saya tunggu karena ada perasaan kagum dan termotivasi dengan inti pengajian yang beliau berikan. Dalam acara tersebut unsur kebersamaan dari warga atau jamaah sangat terasa terutama dalam menyiapkan tempat, makanan, minuman dan akomodasi untuk ustadz dan ustadzah yang diundang. Perayaan ini biasanya melibatkan seluruh warga atau jamaah masjid tersebut.
Ucapan salawatan bergitu melekat di hati saya;

Ya Nabi salam Alaika
Ya Rasul salam Alaika
Ya Habib salam Alaika
Shalawatullah Aalaika

Tiap keluarga diminta untuk membawa nasi uduk, nasi ulam, aneka jajanan ada kue bugis, cucur, kue talam, kue jongkong dan makanan lain yang khas Betawi lainnya.
Sejak itu saya punya motivasi dan pemahaman bahwa ketika kita mengaji ada malaikat yang hadir dan mencatat kegiatan kita saat itu. Malaikat juga ikut mendoakan orang yang sedang mengkaji Al Quran atau berada di jalan Allah supaya mendapat kemudahan dan kemuliaan di dunia maupun di akherat.

Tradisi orang Betawi pergi haji dengan tata caranya juga keunikannya sangat membekas di hati saya yang kala itu baru klas 2 SR. (sekolah rakyat ). Sedang sore hari saya belajar mengaji. Saat itu pergi haji sudah menjadi prioritas utama orang Betawi karena pendidikan agama yang diberikan orangtua cukup kuat sehingga tertanam di hati mereka untuk bisa menyempurnakan rukun Islam. Orang Betawi yang mapan tidak ada masalah dengan biaya pergi haji, ia menyegerakan ibadah haji bahkan berulang ulang. Sedangkan orang Betawi yang status ekonominya tidak terlalu tinggi juga punya obsesi yang sama untuk segera bisa pergi haji.

Pergi haji membutuhkan biaya yang tidak sedikit, mereka harus naik kapal laut dan istilah orang Betawi “ pegi belayar” selama 6 bulan. Di tahun 60-70 an ketika pembangunan kota Jakarta berkembang pesat ini saat yang paling menguntungkan bagi orang Betawi terutama mereka yang memiliki lahan luas. Terjadi penggusuran dan harga tanah pekarangan merangkak naik. Dari hasil penjualan tanah mereka bisa mewujudkan niatnya pergi haji. Mereka segera membelanjakan uangnya untuk membeli “Qutum” sepadan artinya dengan tiket pergi haji. Atau istilah sekarang langsung mendaftar haji.

BERSAMBUNG


Tinggalkan komentar

INFO BEASISWA KE JEPANG

Program Penataran Guru (Teacher Training Program) adalah salah satu program beasiswa Pemerintah Jepang (Monbukagakusho) yang dirancang khusus bagi para guru untuk meningkatkan kualitas pengajaran sesuai dengan bidangnya. Mereka akan diberikan pelatihan dalam cara mengajar, pembuatan rencana belajar-mengajar yang lebih efektif dan menarik minat siswa dan hal-hal lain yang dapat meningkatkan kualitas dan kemampuan para guru. Program ini adalah program non-gelar dan lamanya adalah 1 tahun 6 bulan (termasuk 6 bulan belajar bahasa Jepang) dari Oktober 2014.


Syarat-syarat :

  1. Lulusan S-1 atau D-4 dan guru yang mengajar secara aktif di SD, SLTP, SLTA (termasuk sekolah swasta dan SMK).
  2. Pelamar telah mengajar lebih dari 5 tahun di lembaga pendidikan formal pada tanggal 1 April 2014. Semua bidang ditawarkan kecuali, PKN, bahasa Indonesia, bahasa daerah, bahasa Arab, pendidikan agama, dan perhotelan.
  3. Usia di bawah 35 tahun pada tanggal 1 April 2014.
  4. Sehat jasmani dan rohani (bagi pelamar wanita tidak diperbolehkan dalam kondisi hamil)
  5. Bersedia belajar bahasa Jepang karena bahasa pengantar di universitas adalah bahasa Jepang.


Fasilitas yang didapat :

  1. Tanpa ikatan Dinas.
  2. Tiket kelas ekonomi p.p. Indonesia (Jakarta) – Jepang.
  3. Bebas biaya ujian masuk, biaya kuliah, dan uang pendaftaran.
  4. Tunjangan bulanan sebesar ¥ 143.000 per bulan(ada kemungkinan mengalami perubahan).
  5. Peserta disediakan asrama yang pembayarannya diatur sendiri oleh penerima beasiswa.


Cara Pelamaran :

  1. Pendaftaran dibuka pada 10 Desember 2013 dan ditutup pada 24 Januari 2014.
  2. Bagi pelamar, baik pegawai negeri maupun swasta dapat langsung menyerahkan/mengirimkan formulir yang telah diisi ke Bagian Pendidikan Kedutaan Besar Jepang dengan dilampiri dokumen yang diperlukan.
  3. Bagi pelamar yang berstatus pegawai negeri tetap harus melapor dan menyerahkan fotokopi formulir kepada Biro Kerjasama Luar Negeri (BKLN) Departemen Pendidikan Nasional.


Dokumen yang diperlukan (dokumen yang tidak lengkap tidak akan kami terima):
(dokumen yang tidak lengkap tidak akan kami terima)

  1. Formulir.
  2. Pasfoto (harus ditempel pada formulir).
  3. Fotokopi Ijasah dan transkrip nilai.
  4. Surat keterangan dari tempat mengajar yang menjelaskan bahwa pelamar adalah staf pengajar yang masih aktif mengajar dan disetujui mengikuti program beasiswa ini, Disertai keterangan masa mengajar (dari tanggal berapa hingga tanggal berapa), dan dicap oleh sekolah. Jika masa mengajar yang lebih dari 5 tahun terpisah dalam beberapa sekolah, lampirkan juga surat keterangan masa mengajar dari sekolah sebelumnya (beserta cap dari sekolah tersebut).
  5. Surat rekomendasi dari Kepala Sekolah mengenai pribadi pelamar.

 

* Semua dokumen ditulis dalam bahasa Inggris atau Jepang.(Ukuran kertas A4)


Tahap Penyeleksian :

  1. Seleksi Berkas. Pengumuman hasil seleksi berkas akan ditampilkan di website Kedutaan Besar Jepang pada tanggal 14 Februari 2014.
  2. Ujian tertulis bahasa Inggris (khusus untuk guru bahasa Jepang: ujian bahasa Jepang) pada tanggal 20 Februari 2014.
  3. Bagi yang lulus ujian tertulis akan dipanggil untuk mengikuti wawancara di Jakarta.
  4. Bagi yang lulus wawancara akan direkomendasikan ke Monbukagakusho.
  5. Mereka yang lolos seleksi di Monbukagakusho akan menjadi penerima beasiswa.

 


Catatan :

  1. Formulir pendaftaran dapat diperoleh di sini

 

  1. Formulir pendaftaran yang telah diisi beserta dokumen pelengkap dikirimkan ke

Bagian Pendidikan Kedutaan Besar Jepang
Jl. M. H. Thamrin 24
Jakarta 10350
Dan selambat-lambatnya 
harus tiba tanggal 24 Januari 2014. Mohon Tuliskan kode “Teacher Training 2014” pada amplop formulir.

 

  1. Jika ada pertanyaan, bisa disampaikan melalui email ke beasiswa@dj.mofa.go.jp